Turnamen Mancing Barramundi Di Gresik Pecahkan Rekor MURI

Gresik, SAHABATMANCING.COM – Perkumpulan Angler Gresik bersama Karang Taruna Ujungpangkah sukses menggelar Turnamen Mancing Barramundi, di Muara Bengawan Solo, Gresik, Jawa Timur, (22/9). Tak hanya dihadiri oleh ratusan peserta, kegiatan lomba mancing ini juga berhasil memecahkan rekor MURI sebagai ‘turnamen mancing Barramundi menggunakan kapal nelayan terbanyak’ dengan total 175 perahu.

Ratusan perahu nelayan siap berangkat untuk mengangkut peserta dalam agenda turnamen mancing Barramundi di muara Bengawan Solo, Gresik, Jawa Timur, (22/9). Penggunaan 175 perahu nelayan ini memecahkan rekor MURI sebagai turnamen mancing dengan perahu nelayan terbanyak. (Dok: Panitia)

Sekitar 695 pemancing dari berbagai wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah ikut ambil bagian turnamen mancing ini. Mereka secara serentak memadati area muara Bengawan Solo dari atas perahu milik nelayan untuk mendulang target Barramundi.

Digunakannya ratusan perahu milik nelayan ini pun berbuah pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai turnamen mancing Barramundi dengan penggunakan kapal nelayan terbanyak. Seperti diungkapkan oleh Bobi Hindarko selaku ketua panitia, jika torehan rekor MURI ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggan tersendiri bagi seluruh panitia, khususnya Angler Gresik.

“Lewat pemecahan rekor MURI ini, selain untuk mengangkat spot Muara Bengawan Solo ke hadapan khalayak pemancing, kami juga ingin menggali potensi bahari yang dimiliki oleh Kabupaten Gresik kepada masyarakat yang lebih luas,” ujar Bobi kepada SahabatMancing.com, (23/9).

Salah satu spot di muara Bengawan Solo yang dieksplor oleh para peserta turnamen mancing Barramundi Gresik. (Dok: MURI)

Lebih lanjut, ia mengatakan bila pemecahan rekor ini mengungguli torehan rekor sebelumnya yaitu pada turnamen mancing di Halmahera Selatan dengan 51 kapal 2017 silam. Namun untuk rekor peserta terbanyak masih dipegang oleh penyelenggaraan turnamen Barramundi di Kendal dengan 1.350 peserta pada 2016 lalu.

Untuk itu, Bobi berharap akan ada lebih banyak lagi ide dan gagasan untuk mengangkat potensi wisata Gresik lebih baik kedepannya. “Semoga bisa menjadi perhatian perhatian dari pemerintah kabupaten agar Gresik punya sesuatu yang bisa dibanggakan dari sisi wisata baharinya,” tambahnya.

Daftar Juara Turnamen Mancing Barramundi 2019

JUARA NAMA KOMUNITAS BERAT IKAN (kg) JENIS IKAN
Terberat 1 Angler Uncal Team 2 4,05 Barramundi
Terberat 2 Albea Fishing Club 3,70 Barramundi
Terberat 3 Gedibal 3 Gresik 3,35 Barramundi
Terberat 4 Gedibal 2 Gresik 2,95 Barramundi
Terberat 5 Armada Sentex Crew 2,5 Barramundi
Terberat 6 Semrawut Gresik 2,3 Barramundi