Seperti Apa Squid Jig yang Cocok digunakan untuk Mancing Cumi

Salah satu faktor pemilihan umpan squid jig (capela) untuk mancing cumi adalah penggunaan warna dan gerakan dari umpan (action). Pemilihan warna tergantung dari kondisi air di spot, kalau air keruh agak gelap, biasanya capela warna cerah lebih efektif, seperti jingga (orange), merah muda dan hijau dan kuning fluo (stabilo). Begitu pun sebaliknya, harus berlawanan dengan warna dan kondisi air. Beberapa pemancing bahkan menggunakan kombinasi warna pada capela (kepala merah buntut orange, kepala hijau buntut kuning fluo). Namun warna-warna tersebut harus selaraskan dengan gerakan (action) yang baik agar lebih maksimal.

Capela harus dalam keadaan menungging kala turun ke dasar air lalu kemudian ditarik (retrieve) perlahan dan diselingi dengan sentakan. Itu berlaku untuk spot dengan kedalaman 1-2 meter dengan jenis capela slow. Spot dangkal ada baiknya menggunakan capela jenis mengambang (floating), dimana saat retrieve, ujung joran dicelupkan ke dalam air. Keseimbangan peranti (tackle balance) antara joran, umpan, ril dan senar sangat diperlukan agar action maksimal.

Capela ada juga yang modelnya glow in the dark (GID) untuk spot-spot air dalam. Sebab jika digunakan di spot dangkal khawatir disambar ikan cendro dan alu-alu. – Juns Tjong

Juns Tjong

Kerap mengeksplorasi perairan pulau-pulau di gugusan Kep. Seribu yang terkenal memiliki potensi besar akan cumi-cumi.