Faktor apa yang perlu diperhatikan dalam memilih reel UL?

Faktor apa yang perlu diperhatikan dalam memilih reel UL?

Bagikan:

Ada tiga faktor penting bisa menjadi kaidah pemilihan ril ultralight fishing, yaitu kekuatan drag, line management, serta line roller. Drag pada ril berfungsi menahan laju senar yang keluar dari spool saat fight dengan ikan. Sistem drag pada pengaplikasian UL harus memiliki kehalusan karena senar yang digunakan tidak lebih dari 6 lb (2.7 kg). Jadi ketika kita fight dengan ikan, drag yang halus akan memudahkan senar keluar dari spool tanpa tersendat dan menyebabkan senar putus. Tipe-tipe drag washer yang umum digunakan untuk UL biasanya berbahan felt atau teflon dan hanya satu lapis saja.

Pertimbangan selanjutnya adalah line management pada spool, yaitu sistem pengaturan senar pada spool saat kita menggulung senar. Line management bagus bisa dilihat dari gulungan senar di spool yang rapi dan rata. Apakah penting? Untuk metode UL sangatlah penting, terlebih bagi anda pengguna teknik casting. Sistem line management yang baik akan memungkinkan senar UL yang halus dan kecil, bisa tertata dengan baik di spool sehingga kejadian senar kusut di spool atau senar keluar dari gulungan spool tidak terjadi saat cast. Line management yang sempurna dipengaruhi dengan perputaran line roller yang maksimal. Line roller harus bisa berputar dengan baik dan lancar saat ada atau tidaknya beban guna meminimalisir senar melintir. Melintirnya senar akan berefek senar mudah kusut saat cast.

 

Jadi, line roller disini perannya sangat penting. Line roller sendiri ada yang menggunakan bushing dan ball bearing, jadi mana yang lebih bagus? Tentu saja line roller dengan bearing lebih bagus. Dengan catatan, bearing yang digunakan harus sudah stainless steel sealed dan tahan karat. Tapi bushing plastik tidak akan karat dan cocok untuk anda yang sering memancing di saltwater dan malas maintenance reel. Untuk fitur-fitur tambahan lain seperti power handle, bahan reel yang digunakan, jenis gear dan jumlah bearing itu opsional. Artinya, tergantung ketersediaan budget anda. Dalam mencari reel spinning UL ketiga hal di atas menjadi keharusan.

Bagikan:
Di-tag pada:

Rahman Sutopo

Sejak 2017 menjadi salah satu admin grup publik facebook Ultralight Angler Indonesia yang menjadi media berkomunikasi pegiat ultralight fishing di Indonesia beranggotakan 21 ribu lebih anggota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat