Bagaimana pengaplikasian bait finesse system?

Bagaimana pengaplikasian bait finesse system?

Bagikan:

Pada dasarnya, bait finesse system (BFS) merupakan teknik mancing casting menggunakan umpan ringan namun tetap dalam penggunaan joran, reel, senar yang masih ditoleransi. Lebih jelasnya, penggunaan umpan ringan (berkisar 5-8 gram) tidak selalu diikuti mengecilnya ukuran peranti atau rating line. Angka toleransi pada joran umumnya berkisar 6-12, 7-15 hingga 8-16 lbs dengan panjang antara 5-6 feet dan penyematan ring guide micro atau semi micro, serta senar ukuran maksimal 16 lbs.

Untuk reel, seperti pada jenis bait cating (BC), sebaiknya menggunakan tipe shallow spool untuk mengurangi bobot benang yang mengendap di spool.
Penggunaan brake dari magnetik atau sentrifugal sama-sama ada plus minusnya.

Akan lebih membantu jika menggunakan reel BC dengan sistem digital control braking system (DC) namun untuk umpan ringan tetap akan kurang terlontar jauh (long cast).

Sementara untuk penggunaan reel jenis spinning akan lebih
memudahkan pemancing karena tak perlu menyetel brake. Kendala penggunaan reel spinning cenderung minim.

Hanya satu hal yang sama-sama harus diperhatikan pada pengaplikasian BFS adalah kondisi angin. Pemancing harus cerdas membaca kondisi angin, agar umpan tetap bisa terlontar secara akurat dan tepat sasaran.

Bagikan:

Adhi Fatah

Jam terbang serta pengalaman mancing ke berbagai lokasi freshwater maupun laut mengasah keahliannya dalam mendalami usaha kostumisasi peranti dengan nama Adzola Costum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat