Bagaimana Pemilihan Metal Jig dalam Pengaplikasian UL Slow Jig dan Cast Jig?

Metaljig dengan bentuk gempal dan pendek jadi umpan pilihan tepat dalam pengaplikasian slow jig, dengan warna cenderung cerah namun tidak mencolok (walau aksen holografik masih diperlukan). Sedangkan untuk cast jig, umpan yang digunakan agak pipih dan lebih panjang yang warnanya lebih mencolok. Pemilihan berat metal jig pun juga harus diperhatikan yang ditentukan dengan rata-rata kedalaman spot. Kedalaman 5-15 meter gunakan ukuran 15-20 gram dan 20-30 meter gunakan 30-60 gram. Untuk kail pada teknik vertical jig, penggunaan assist hook dirasa akan lebih tepat dan efektif, karena pemakaian treble hook cenderung membuat action lure jadi tidak optimal.

Namun pada cast jig justru assist bisa pakai double atau kombinasi single/double plus treble hook. Gunakan assist hook ¾ dari panjang metal jig. Benang (bulu kotrek) tambahan yang diikatkan bersamaan assist hook biasanya untuk target ikan-ikan pelagis (kuwe, talang, dsb). Pengaplikasian slow jig ini cenderung mudah, biarkan umpan turun menyentuh dasar (zigzag), lalu kemudian tarik perlahan dengan ritme putus-putus (twitch jerk). Berbeda dengan castjig yang diretrieve cepat dan kombinasi jerk.Risqon

Risqon

Perairan utara Jateng, tepatnya di area PLTU Batang menjadi lokasi favoritnya dalam pengaplikasian slowjig menggunakan UL dengan target pelagis dan snapper.