Bagaimana Memancing Menggunakan Joran Tegek?

Bagaimana Memancing Menggunakan Joran Tegek?

Bagikan:

 

Joran tegek tidak memiliki ring guide dan reel seat. Jenisnya ada dua, untuk air tawar dan air laut. Tegek air tawar cenderung lentur dibandingkan tegek laut yang actionnya medium hard. Material untuk tegek biasanya ada yang full carbon, ada yang full fiber dan ada yang campuran dari keduanya. Tegek yang kualitasnya bagus, memiliki campuran yang seimbang antara fiber dan karbon.

Target ikan di air tawar bergantung pada spot-spot nya. Di sungai antara lain ikan wader, beunter, bader dan tawes. Di rawa, ikan betok, sepat, mujair dan gabus. Jika targetnya ikan gabus, kita bisa memakai tegek yang agak kaku dengan tehnik dudul, yaitu menyelupkan umpan dan diangkat- angkat kemudian umpan dicelupkan kembali ke dalam air.

Kesulitan ketika memancing menggunakan tegek yaitu sulitnya menentukan titik lempar umpan yang tidak fleksibel karena keterbatasan benang. Kemudian pada saat strike ikan besar, pemancing tidak bisa tarik-ulur memainkan benang, betul-betul hanya mengandalkan tehnik mengendalikan ikan. Ada tiga kemungkinan yang terjadi yaitu benang putus, tegek patah atau ikan menyerah kalah. Mayoritas dari beberapa kejadian paling sering ialah benang putus pada simpul saat strike ikan besar. Antisipasinya dengan menggunakan ukuran benang yang tidak terlalu besar, lebih baik putus benang dari pada tegeg patah.

Jenis benang yang cocok digunakan tergantung pada target yang akan dipancing, umumnya benang dengan ukuran 4-12 lbs. Panjang benang juga disesuaikan dengan keadaan spot. Jenis benang mono biasa dengan segala merk bisa digunakan, seperti jenis benang fluorocarbon coated. Benang ini tidak terlihat saat di air, warnanya menyatu dengan warna air, umpan tidak dicurigai ikan. Penggunaan fluorocarbon juga sudah merambah ke air tawar dan digunakan untuk rigging mata kail. Fluorocarbon berbeda dengan fluorocarbon coated. Fluorocarbon coated ialah benang mono yang dilapisi fluorocarbon.-Didi Afandy

Bagikan:

Didi Afandy

Seorang IT Support di sebuah perusahaan bercoding system. Gemar mancing sejak SD. Kini sedang menggemari memancing ikan Baronang menggunakan joran tegeg.

Chat