Bagaimana Jenis Rangkaian untuk Mancing Escolar?

Rangkaian dasaran untuk mancing escolar harus dibuat berbeda dari rangkaian dasaran pada umumnya. Perbedaan menonjol terlihat ukuran kail dan bentuk rangkaian. Satu ekor utuh ikan barakota (rata-rata panjangnya 30 cm) menjadi umpan andalan yang dikaitkan pada dua mata kail yang digunakan tersebut. Sebab, barakota memiliki kontur daging yang keras dan amis dan mampu mengundang selera makan escolar. Karena target ikannya besar, maka pilihan ukuran kail yang digunakan yaitu nomor 9/0 karena memiliki batang lebih panjang yang meminimalisir gigitan escolar. Pada umumnya, jika menggunakan kail 9/0, Escolar memakan umpan hanya sampai mata kail. Kecuali kail benar-benar dalam keadaan tertelan (hook-up).

Jarak antara kail diusahakan tidak terlalu jauh dan tidak boleh bersinggungan antara depan dan belakang. Untuk menyatukannya, diperlukan senar (leader) yang di-double supaya tidak mudah putus. Mata kail dimasukkan diantara sambungan senar agar ketika di-clamp dengan kabel bakar, kedua kail lurus sejajar. Kail-kail tersebut disokong oleh kekuatan senar leader minimal 120 lbs. Ukuran leader sengaja menggunakan ukuran besar juga untuk mengimbangi penggunaan tali utama pe8 atau pe10. Penggunaan leader nilon lebih berpeluang mendapatkan ikan, dibandingkan penggunaan neklin meskipun lebih kuat.

Sunny Wijoyo

Pemancingasal Bolaang Mongondow Selatan ini sudah berpengalaman mengeksplorasi spot-spot di Teluk Tomini dan sekitarnya hingga membawanya menjuarai Turnamen Fishing de Tomini 2019.