Apa saja kiat-kiat memancing teknik popping?

Kesesuaian peranti jadi yang paling penting. Pertama, gunakan joran dengan panjang ideal 210-250 cm untuk memudahkan umpan terlempar jauh. Selanjutnya dimaksimalkan dengan ril berasio tinggi (high gear atau extra gear) guna mengefisiensi tenaga dan waktu saat menarik popper.

Sementara panjang leader yang digunakan juga berpengaruh terhadap lemparan. Secara pribadi saya lebih sering menggunakan leader dengan panjang 1,5-2 meter. Karena saat kita siap melempar popper, jari telunjuk kanan kita harus memegang PE.

Jangan sampai panjang leader terlalu berlebihan, misalnya saat kita akan melempar umpan, masih ada sisa leader di dalam spool. Ini berpeluang menyulitkan proses melempar popper. Melempar popper juga harus dilakukan dengan aman, dengan memperhatikan tension dan momentum. Tension yang dimaksud adalah pada saat akan melemparkan popper, PE harus dalam keadaan tegang/kencang. Karena bila kendur PE bisa berpotensi kusut.

Tension harus diselaraskan dengan momentum melepaskan umpan. Saat mengayunkan joran, tip joran harus tetap melengkung. Jadi saat kita mengayunkan joran kebelakang, maka akan terjadi tension dan saat itu juga kita mulai melempar umpan dengan kembali mengayunkan joran kedepan sekuat tenaga agar umpan dapat mengarah lurus titik yang dituju.

Arah angin menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap jarak lemparan. Kasus bail arm tertutup sendirinya saat melempar umpan sering dialami para pemancing. Hal ini sangat berbahaya karena popper akan dikhawatirkan tepental ke arah pemancing, dimana treble hook yang digunakan tentu dapat melukai. Jangan terlalu tergesa-gesa saat akan melempar umpan, pastikan line roller berada tepat di bawah jari telunjuk kita saat akan membuka bail arm.

Sebelum memancing, selalu cek kondisi ril, pastikan baut bail armnya selalu kencang. Sarung tangan, kacamata, pakaian tertutup menjadi upaya guna meminimalisir kecelakaan saat popping.

Eka Setiawan

Perairan di wilayah Sorong, Papua menjadi lokasi yang kerap ia sambangi untuk mengaplikasikan teknik-teknik sport fishing, salah satunya popping dengan target ikan-ikan monster.