Apa Saja Jenis Bahan, Ukuran Serta Kegunaan Dari Kotrek?

Apa Saja Jenis Bahan, Ukuran Serta Kegunaan Dari Kotrek?

Bagikan:

Rangkaian pancing kotrek lebih berpeluang besar terhadap hasil tangkapan ikan dibanding dengan menggunakan rangkain dasaran. Kotrek lebih efektif, karena tidak perlu mengganti umpan. Kotrek bisa ditambahkan umpan filet Cumi, Teri, Udang, filet ikan dll. Panjang senar yang digunakan juga ditentukan dari target ikan yang akan dipancing. Kotrek dengan banyak 3-5 kail untuk ikan dasar dan jaraknya 35cm antara kail, untuk ikan tengah jarak 60-1,5 m.

Jenis Kotrek Nomor dan Jumlah Kail Ukuran Senar
Kotrek Teri 7 mata kail, No. 20 5 Lbs
Kotrek Tembang 7 mata kail, No. 19 10 Lbs
Kotrek Kembung 7 mata kail, No. 15 10 Lbs
Kotrek Dasaran 3 mata kail, No. 14 20 Lbs
Kotrek Queen Fish 3 mata kail, No. 12 20 Lbs
Kotrek Salem 10 mata kail, No. 12 20 Lbs
Kotrek ikan besar (Tuna, Wakung, dll) 7 mata kail, No. 10 50 Lbs
Kotrek Rubby 3 mata kail, No. 08 50 Lbs
Kotrek Monster ikan-ikan dasar 3 mata kail, No. 06 80 Lbs
Kotrek Troling 25 mata kail, No. 10 30 Lbs
Kotrek Bonito/ Cakalang 25 mata kail, No. 08 50 Lbs
Kotrek Frenzy Fish 25 mata kail, No. 08 80 Lbs

Bahannya bisa berupa bulu merpati, tali rafia, benang perak atau benang sutra. Masa penggunaan rangkaian kotrek dengan kail berbahan stainless bisa digunakan 2-7 kali pemakaian. Dengan catatan, kotrek yang selesai digunakan harus dibersihkan. Kotrek dengan bahan bulu merpati lebih berpeluang disukai ikan dibanding dengan material lainnya, namun lebih mudah kotor (rusak) jika air laut sedang keruh. Sebenarnya masing-masing bahan kotrek diaplikasikan pada kondisi tertentu. Bahan perak khusus mancing pada malam hari, sementara untuk semua waktu pakai bahan bulu merpati, sutra dan rafia. – Fery Yudistira

Bagikan:

Ferry Yudhistira

Pengalamannya mengelola usaha penjualan kotrek dengan merk Gadjrut terus dikembangkannya untuk menciptakan berbagai inovasi untuk kebutuhan mancing para pemancing.

Chat