Apa Faktor Pemilihan Gear Ratio pada Ril Baitcasting?

Pemilihan ukuran rasio pada ril baitcasting disesuaikan berdasarkan (lure) yang digunakan. Semakin besar ukuran rasio maka tepat digunakan dalam mengaplikasikan umpanumpan fast action yang membutuhkan retrieve cepat untuk mendapatkan action maksimal. Sebagai contoh, lure jenis buzzbait, slater atau umpan artifisial (biasanya dilengkapi baling-baling/propeller) yang dibuat untuk menciptakan kesan berisik guna menggugah keberadaan ikan target, lebih efisien menggunakan ril rasio 7 ke atas dengan perputaran spool lebih cepat. Sementara rasio di bawah itu (6.3 ke bawah), biasanya umum digunakan untuk umpan-umpan slow-medium action.

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam penentuan ukuran rasio terhadap umpan yang akan digunakan. Pengaruhnya hanya pada kenyamanan dari pemancing, bila rasio rendah digunakan untuk fast action, maka pemancing akan lebih mudah lelah menggulung senar. Pilihlah ril BC sesuai dengan kebutuhan agar mancing jadi lebih nyaman dan maksimal. – Teddy ‘Aing’ Julian

Teddy `Aig’ Julian

Pemancing asal Pontianak, Kalimantan Barat, kerap menjalani trip-trip mancing, khususnya casting diberbagai spot-spot alam liar bumi Kalimantan.