Shimano Casting Competition 2019 Berlangsung Meriah

Cileungsi, SAHABATMANCING.COM – Lebih dari 600 pemancing, baik yang berasal dari komunitas maupun perorangan di Jabodetabek ikut menyukseskan perlombaan mancing Shimano Casting Competition 2019 di Danau Mekarsari, Minggu (7/7). Penyelenggaraan ini menjadi perlombaan mancing terbesar yang pernah diadakan di danau wisata tersebut.

Pro staff Shimano asal Malaysia, Syafi’e Abdul Shukor (memegang ponsel) berswafoto dengan para peserta di event Shimano Casting Competition 2019, Mekarsari, Minggu (7/7). Sahabatmancing.com/Rico Prasetio.

Kondisi danau Mekarsari yang mampu menampung banyak peserta mancing menjadi pertimbangan pihak Shimano menyelenggarakan event ini. Antusias peserta sejak pendaftaran dibuka hingga penyelenggaraan acara menjadi kunci terpenting suksesnya perlombaan ini.

Amin, salah satu perwakilan panitia menyebutkan jika perlombaan ke-4 ini memang mengalami kenaikan jumlah peserta, bahkan hampir empat kali lipat dari penyelenggaraan sebelumnya di Cikarang pada 2018 lalu.

“Mungkin karena lokasi penyelenggaraan ini di Mekarsari yang dijadikan pertimbangan para peserta untuk hadir. Sehingga event ini konsepnya seperti mancing sekaligus wisata,” ucap dia. Belum lagi hadiah-hadiah menarik yang pihaknya sajikan bagi para peserta yang hadir, salah satunya grandprize ril BC Shimano Antares.

Peningkatan jumlah peserta ini, lanjut Amin, diluar target yang sudah ditentukan yaitu 400 peserta. Untuk itu, ia mewakili Shimano mengapresiasi antusias para castinger yang hadir, terutama bagi mereka yang selalu mengikuti Shimano Casting Competition.

Suasana casting di salah satu tepi danau Mekarsari. Sahabatmancing.com/Rico Prasetio

“Semoga event-event yang kami lakukan kedepannya bisa lebih sempurna lagi dari segala aspek guna kian menghidupkan semangat dunia pemancingan di Indonesia,” lanjutnya.

Kesuksesan penyelenggaraan event ini juga tidak lepas dari dukungan penuh dari pihak pengelola Taman Buah Mekarsari (TBM). Firman Setiawan, Manager Marketing Komunikasi TBM menyebutkan pihaknya mendukung penuh kegiatan ini karena konsep mancing castinger yang ramah terhadap alam. Artinya, kegiatan mancing yang dilakukan tidak sampai merusak keasrian danau Mekarsari.

“Mekarsari sebagai objek wisata memiliki peraturan yang harus sama-sama dijalankan. Jangan sampai kegiatan mancing mengganggu aktifitas wisatawan lain. Namun ketertiban casting membuka mata kami untuk mempertimbangakan event mancing dengan konsep ini dijalankan,” tegas Firman.

Pelepasan liar kembali ikan gabus hasil pancing para peserta Shimano Casting Competition 2019 ke danau Mekarsari guna kelestarian lingkungan. Sahabatmancing.com/Rico Prasetio

Tidak hanya kegiatan mancing, pihak Shimano melalui Aneka Raya Pancing juga menyelenggarakan mentoring oleh pro-staff Shimano asal Malaysia, Syafi’e Abdul Shukor. Dalam kesempatan tersebut, Syafi’e mencoba membagikan pengalaman mengenai teknik casting kepada peserta yang hadir.

Konsisten sejak penyelenggaraan awal Shimano Casting Competition, mentoring yang dilakukan Syafi’e tersebut selalu memberikan edukasi kepada para castinger tentang pentingnya kesimbangan peranti (tackle balance).

KATEGORI   HADIAH   PEMENANG PANJANG IKAN   WAKTU   KOMUNITAS
GABUS TERPANJANG 1 RIL SHIMANO BANTAM MGL XGL JDM   ASDI 51 CM 09:21 WIB GUPAC
GABUS TERPANJANG 2 JORAN SHIMANO ZODIAZ 268ML2   EKA PRANA 50 CM 09:30 WIB ATAS FAMILY
GABUS TERPANJANG 3 RIL SHIMANO SLX XT 151 XG   JAMBUL 48 CM 09:04 WIB PER- ORANGAN
GABUS TERPANJANG 4 JORAN SHIMANO ZODIAZ 1610ML2     HANIF R 43.5 CM 08:10 WIB GUPAC
GABUS TERPANJANG 5 RIL SHIMANO SLX 151 XG   BAMS THEA 41 CM 10:12 WIB KOMPA
GABUS TERPANJANG 6 RIL SHIMANO SLX 151 HG   ABIE AJAH 38.5 CM 07:27 WIB SOMPLAK
GABUS TER PANJANG 7 JORAN SHIMANO BASSTERA EV B66MH   TANTO   38 CM 10:00 WIB GATSU
SPESIES RED DEVIL RIL SHIMANO CAIUS 151A RISMANTO 26 CM 10:48 WIB PER-ORANGAN
SPESIES BETUTU JORAN SHIMANO ALIVIO CX B65MH2 ONI WILDCAST 27.5 CM 10:50 WIB KCK