Semarak Turnamen Barramundi Nasional Piala Bupati Pekalongan Ketiga

Pekalongan, SAHABATMAMANCING.COM – Tahun ketiga gelaran Open Tournament Barramundi Nasional Bupati Cup Pekalongan kembali menuai kesuksesan. Sekitar 1500 peserta dari 51 komunitas Barramundi Mania di seluruh Jawa meramaikan event mancing yang digelar di sungai Singkarang (Kali Pencongan), Pekalongan, Sabtu (7/9).  

Sofa, peserta perorangan Bondansari Pekalongan, berhasil merengkuh juara pertama setelah sukses mendaratkan tangkapan Barramundi seberat 7,80 kg dalam gelaran Open Tournamen Mancing Barramundi Nasional, Bupati Cup Ketiga, Minggu (8/9). Atas raihan tersebut, Sofa berhak atas hadiah utama berupa satu unit motor Honda Vario dan piala Bupati Pekalongan. (Dok/Boncoss Barramundi Pekalongan Fishing)

Bersamaan dengan perayaan HUT komunitas Boncoss Barramundi Pekalongan Fishing (BBPF) yang ketiga, event turnamen mancing Barramundi piala Bupati Pekalongan kembali digelar di kali Pencongan, Pekalongan, Sabtu (7/9). Tak kurang dari 1500 Barra mania dari seluruh Jawa ikut ambil bagian dalam turnamen mancing ini.

Jumlah peserta yang ikut pada tahun ini, mengalami peningkatan dibanding penyelenggaraan edisi sebelumnya yang mampu menghimpun total 1300 peserta. Selain itu, pada edisi kali ini juga dihelat kegiatan bakti sosial berupa santunan anak yatim dan piatu di sekitar spot lomba.  

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, membuka langsung jalannya turnamen mancing Barramundi skala nasional tersebut. Selama tiga tahun penyelenggaraan, Asip tak pernah alfa untuk mendukung event mancing yang digelar di wilayah pemerintahannya tersebut.

Dalam sambutannya, Asip menyebut jika Open Tournament Barramundi Nasional ini tidak hanya sekadar lomba mancing biasa, tapi juga bisa dikembangkan sebagai pengembangan potensi wisata baru di Pekalongan. Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kelestarian dan kebersihan sungai Singkarang.

“Secara geografis, sungai Pencongan letaknya sangat strategis. Berada di kawasan pantai utara Jawa (Pantura) dan letaknya tidak jauh dari laut. Kemudian topografinya juga mendukung karena tidak pernah banjir berlebihan ketika musim hujan, atau kering ketika kemarau. Untuk itu mari kita optimalkan anugerah alam yang ada di wilayah kita ini,” ujar Asip seperti dilansir Radarpekalongan, (8/9).

Lebih lanjut, setelah acara resmi dibuka oleh Bupati, ribuan peserta langsung menyemuti setiap sudut bantaran sungai Pencongan sepanjang 2 km yang mengalir menuju laut Jawa. Lomba mancing ini berlangsung sejak Sabtu (7/9) sore, hingga Minggu (8/9) siang.

Dari ribuan peserta yang mengikuti ajang turnamen mancing Barramundi skala nasional itu, terplih tiga peserta yang masuk ke dalam podium juara utama. Mereka adalah Ridho dari komunitas Rambo Fishing di posisi ketiga yang berhasil menaikan Barramundi seberat 1,10 kg. Lalu Camar dari Karangjompo di posisi kedua yang sukses mendaratkan tangkapan seberat 1,45 kg.

Serta Sofa dari Bondansari yang berjaya di puncak klasmen setelah mengangkat tangkapan Barramundi berbobot 7,80 kg. Ketiganya berhak atas hadiah alat pancing dan uang tunai senilai Rp3 juta untuk Ridho di posisi ketiga, lalu satu unit motor Honda Beat untuk Camar di posisi runner up, dan satu unit motor Vario serta piala bupati Pekalongan untuk Sofa sebagai jawara utama.

Daftar Juara Open Tournamen Mancing Barramundi Nasional Bupati Cup Pekalongan Ketiga:

JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (kg) ASAL/KOMUNITAS
Terberat 1 Sofa 7,8 Bondansari
Terberat 2 Camar 1,45 Karangjompo
Terberat 3 Ridho 1,1 Rambo Fishing
Terberat 4 Agung 0,90 Wirodesa
Terberat 5 Doni  0,80 Karangjompo