Seberapa besar pengaruh blade pada soft frog terhadap strike gabus?

Blade merupakan lempengan tambahan pada umpan artifisial soft froggy yang terbuat dari alumunium sebagai tambahan guna menciptakan pergerakan percikan air saat ditarik (retrieve). Efek percikan tersebut menciptakan suasana berisik yang mampu menggugah keberadaan gabus. Jika dilihat dari kegunaannya, blade pada soft froggy punya pengaruh besar terhadap potensi strike gabus dibandingkan soft froggy dengan yang hanya ditambahkan karet ekor (skirt).

Penggunaan blade pada soft froggy sangat cocok pada kondisi spot terbuka dengan tingkat kekeruhan air tinggi, dimana blade berwarna perak akan lebih maksimal memantulkan cahaya matahari ke dalam air. Sementara blade berwarna perak akan lebih cocok digunakan di perairan yang lebih jernih. Penambahan blade harus menyesuaikan dengan berat soft froggy agar tetap menciptakan action yang maksimal (balance).

Umumnya, soft froggy dengan berat 7 gram, menggunakan blade ukuran 1,8 cm. Sedangkan soft froggy 5 gram dipasangkan blade ukuran 1,6 cm. Walau tujuannya menciptakan gemercik air, retrieve yang dilakukan pada jenis soft froggy ini harus sesuai, jangan terlalu kencang apalagi lambat. Blade juga bisa digunakan sebanyak dua buah agar percikan airnya lebih besar lagi. Pernah suatu hari di Cirata saya menggunakannya dan disambar toman. – Patoy

Patoy

Merupakan ketua Komunitas Castinger Ciangsana Bogor (C2B) yang juga memproduksi beragam umpan tiruan khususnya soft frogy.