Rayakan HUT Garnus Ke-6, 98 Garonger Neg-Bar di Pulau Ayer

Kepulauan Seribu, SAHABATMANCING – Komunitas Garonger Nusantara (Garnus) merayakan hari jadinya yang ke-6 dengan menggelar kegiatan Negeg Barang, di pulau Ayer, Kepulauan Seribu, (29/7). Sedikitnya 98 garonger turut memeriahkan gelaran mancing bareng yang dihelat di pulau yang berjarak sekitar 15 kilometer dari bibir pantai Jakarta tersebut.

Sekitar 98 pemancing yang tergabung dalam komunitas Garonger Nusantara melangsungkan event Negeg Bareng di pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Minggu (29/7). Kegiatan Negeg Bareng digelar dalam rangka merayakan HUT Garonger Nusantara yang ke-6. (SAHABATMANCING/HRP)

27 Juli 2012, menjadi tanggal bersejarah bagi komunitas Garonger Nusantara. Anda Juanda, sang presiden untuk pertama kalinya memproklamirkan berdirinya Garonger Nusantara di bilangan Jakarta Barat. Komunitas ini didirikan bagi para pegiat mancing yang mengkhususkan diri menggunakan peranti Tegeg dan kail Garong.

Berawal dari trip-trip kecil di utara Jakarta, para pemancing yang mendedikasikan diri memburu Baronang dengan pancing Tegeg ini terus bertumbuh dan menghimpun banyak anggota dalam satu grup Garonger Nusantara.

Hingga di usianya yang menginjak tahun keenam, tercatat ada lebih dari 8 ribu lebih pemancing yang tergabung dalam member Garonger Nusantara di grup Facebook. Bahkan embrio-embrio Garnuser (sebutan bagi member Garnus –Red) juga berkembang ke daerah lain di luar Jakarta dengan membentuk kordinator wilayah (Korwil). Seperti di Semarang, Jogja, Surabaya, Madura, Lampung, Sulawesi, Lombok, Pangkal Pinang, Padang dan beberapa wilayah lainnya.

Untuk merayakan hari jadinya yang keenam ini pula, Garnus menggelar kegiatan Negeg Bareng bersama sekitar 98 Garonger di pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Minggu (29/7). Tak hanya dari Jakarta, Garnuser yang hadir juga datang dari wilayah Depok, Bekasi, Cikampek, Lampung hingga Padang. Mereka secara serentak menyemarakan acara Negbar perdana Garnus di pulau yang dikelola eksklusif oleh resort swasta tersebut.

Menurut Anda Juanda selaku Presiden Garonger Nusantara, selain sebagai perayaan HUT Garnus yang keenam, event Negeg Bareng ini juga digelar seraya untuk mempererat silaturahmi antar keluarga besar Garonger.

“Negeg bareng ini sifatnya hanya fun fishing. Jadi dalam event ini bukan hanya sekadar lomba, tapi kami ingin mengutamakan kebersamaan dan kumpul-kumpul antar sesama anggota Garnus,” ujar pria yang akrab disapa dengan Ruy Nanda itu kepada SahabatMancing.com, (29/7).

Beberapa pemancing tengah memadati area dermaga pulau Ayer demi mencari spot terbaik memburu Baronang.

Lebih lanjut, pihaknya juga mendapuk pulau Ayer sebagai tempat penyelenggaraan Negbar, agar para anggota Garnus juga bisa mengajak serta keluarganya untuk berekreasi di pulau kecil yang terdapat resort mengapungnya itu.

“Selain mancing, sekaligus bisa juga menjadi ajang resfreshing bagi keluarga Garnus. Bahkan dalam event ini kami juga membagikan doorprize yang diundi rata bagi seluruh peserta. Jadi mereka dapat mancing, dapat refreshing, dapat doorprize, dapat ikan juga kalau berhasil,” tambahnya.

Tak lupa doa dan harapan ia panjatkan agar Garonger Nusantara masih terus eksis dan berkibar di belantika pemancingan Indonesia di tahun-tahun yang akan datang. “Semoga Garonger Nusantara tidak hanya menjadi sebuah komunitas mancing, tapi juga bisa memberikan manfaat bagi anggotanya dan juga membawa dampak positif bagi dunia pemancingan Indonesia,” pungkas Ruy.

(Dari ki-ka) Rendy Hermawan, Benka, dan Rahmat Combed jadi yang paling unggul dalam kegiatan Negeg Bareng Garonger Nusantara di pulau Ayer, Minggu (29/7).