Puluhan Tim Siap Unjuk Gigi Di Selayar Fishing Tournament

Selayar, SAHABATMANCING.COM – Agenda turnamen mancing akbar di Kabupaten Selayar kembali akan diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2019 mendatang. Meski sudah terkonfirmasi akan diikuti sekitar 40 tim mancing, namun event yang bertajuk Selayar Fishing Tournament ini masih membuka peluang bagi tim mancing yang ingin ikut ambil bagian hingga 12 Oktober 2019 mendatang.

Puluhan peserta tengah bersiap untuk menjajal perairan Selayar dalam agenda Selayar Fishing Tournament 2018 tahun lalu. Pada edisi tahun ini, Selayar Fishing Tournament kembali akan diselenggarakan dengan keikutsertaan lebih dari 45 tim mancing. (Dok: Panitia)

Hingga berita ini ditulis, tercatat ada sekitar 80 tim mancing yang sudah mendaftar ke hadapan panitia. Menurut Udyn Boge, selaku perwakilan panitia, jika membludaknya calon peserta yang ingin mendaftar sejatinya telah melampaui kuota yang ditetapkan oleh panitia yaitu sebanyak 40 tim.

“Faktor ketersediaan kapal yang membuat peserta kami batasi hanya sampai 40 tim saja. Namun melihat antusias peserta yang masih ingin mendaftar, akhirnya  panitia sepakat untuk membuka kembali pendaftaran. Untuk itu bagi peserta diluar kuota 40 tim, peserta harus mencari armada kapal secara mandiri,” ujar Udyn kepada SahabatMancing.com, (3/10).

Terlebih menurutnya, Bupati Selayar, H. Muhammad Basli Ali, sangat mendukung dan membebaskan jumlah pemancing yang ingin ikut ambil bagian dalam turnamen Selayar tahun ini. Hal ini dikatakan oleh Basli Ali, untuk mendukung potensi pariwisata bahari kabupaten Selayar dengan menjaring para pehobi mancing Nusantara.

Untuk itu ia mengimbau kepada peserta yang sudah mendaftar, agar segera menyelesaikan administrasi pendaftaran ulang demi bisa mendapatkan kuota kapal yang disediakan panitia sampai 12 Oktober 2019. Meski begitu Udyn memastikan, jika kapal yang tersedia di kabupaten Selayar masih cukup untuk mengakomodir para peserta Selayar Fishing Tournament 2019.

“Kami tidak ada sistem seleksi atau syarat khusus bagi tim mancing yang ingin mendaftar. Kami hanya akan urut tim mancing yang lebih dulu menyelesaikan administrasi pendaftaran dari 1-40,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Kepariwisataan Kepulauan Selayar, Andi Abdurrahman mengungkapkan, untuk menyukseskan gelaran Selayar Fishing Tournament, pihaknya juga telah berkordinasi dengan beberapa stakeholder terkait, termasuk dengan BMKG dan tokon nelayan setempat.

Hal ini menurutnya dilakukan untuk mengetahui kondisi perairan di kawasan Selayar saat digelarnya turnamen mancing. “Makanya dilangsungkannya event turnamen mancing pada hari biasa (tanggal 21-22 Oktober) karena berdasarkan rekomendasi dari BMKG, tokoh nelayan dan juga pantauan aplikasi cuaca online. Menurut rekomendasi mereka, pada tanggal tersebut kondisi perairan Selayar sangat optimal untuk dihelat kegiatan mancing,” terang Abdurrahman.

Biaya Pendaftaran

Bagi peserta yang mendaftar pada agenda Selayar Fishing Tournament, dikenakan biaya senilai Rp1,5 juta per tim yang berisi empat peserta. Biaya itu sudah termasuk satu kali konsumsi, ­t-shirt, dan sewa kapal bagi peserta yang masuk ke dalam kuota 40 tim. Diluar itu, akan ada penyesuaian biaya pendaftaran bagi tim mancing yang diluar kuota peserta.

Nantinya akan ada total hadiah Rp63 juta yang disediakan bagi para juara dalam ajang turnamen mancing terbesar di kabupaten Selayar tersebut. Total hadiah itu dibagi dalam dua kategori: pertama untuk juara umum ikan terberat, kedua untuk kategori juara spesies ikan.

Spesies ikan yang dilombakan meliputi: Tuna, GT, Kurisi/Snapper, Escolar, Tenggiri/Wahoo, dan Barakuda.

Untuk info pendaftaran sila hubungi narahubung: Udyn Boge 0853-9896-4081