Papuma Fishing Competition 2019; Persembahan Perdana Dandim 0824/Jember

Jember, SAHABATMANCING.COM – Dalam rangka perayaan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia, Kodim 0824/Jember menggelar event Papuma Fishing Competition, di pantai Papuma, Jember, Minggu (13/09). Kegiatan turnamen mancing perayaan HUT TNI ini, merupakan agenda perdana kolaborasi antara komunitas mancing Freeman dengan Komando Distrik Militer Kabupaten Jember.

Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin, memberikan sambutan disela-sela penyelenggaraan Papuma Fishing Competition, di pantai Papuma, Jember, Minggu(13/9). (Dok: TNI.mil.id)

Sekitar 444 pemancing dari 112 tim mancing berbagai daerah seperti Jawa Timur, Bali, NTB, hingga Kalimantan, ikut menyemarakan edisi perdana Papuma Fishing Competition 2019. Para peserta berbondong-bondong menyemuti pesisir pantai Papuma sejak subuh (13/9), sebelum diberangkatkan menuju spot-spot potensial di laut selatan Jember.

Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin, membuka langsung jalannya turnamen mancing Papuma tersebut. Dalam sambutannya M Nurdin  berpesan, agar para pemancing untuk tetap menjaga keselamatan selama menjalani turnamen Papuma Fishing Competition.

“Tidak lupa juga kami mengedukasi para pemancing untuk menjaga kelestarian harmoni laut Jember. Kami berharap dengan adanya turnamen mancing ini, praktik illegal fishing seperti penggunaan bom ikan dan alat tangkap merusak lainnya dapat terus diredam,” ujar Letkol Inf La Ode M Nurdin dalam sambutannya di hadapan para pemancing, (13/9).

Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin saat seremonial pelepasan para peserta menuju spot lomba. (Dok:Foto/Fitri)

Lebih lanjut ia juga berharap, dengan digelarnya agenda Papuma Fishing Competition bisa menjadi wadah bagi para penggila mancing untuk berkompetisi, sekaligus menikmati wisata bahari yang ada di kabupaten Jember.

“Efek domino lainnya tentu kami ingin menjaring wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Jember, khususnya pantai Papuma. Kedepan kami harap kegiatan lomba mancing ini akan terus diselenggerakan di tahun-tahun yang akan datang,” tambahnya.

Jalannya Papuma Fishing Competition 2019 sendiri berakhir gemilang. Ratusan peserta yang mengeksplorasi lepas pantai Jember berhasil mendulang tangkapan. Ikan yang dinaikan oleh peserta didominasi oleh spesies pelagis seperti Tenggiri, GT, hingga Amberjack.

Selain itu, peserta yang berhasil masuk ke podium juara tidak hanya berhak atas hadiah berupa piala bergilir Komandan Kodim 0824/Jember, tapi juga mendapatkan uang tunai senilai Rp15 juta, Rp5 juta, dan Rp3 juta masing-masing kepada juara 1, 2, dan 3.

“Kami bangga bisa dipercaya dan ikut ambil bagian dalam perayaan HUT TNI. Semoga dengan berkumpulnya para angler dari berbagai daerah di Indonesia ini bisa mengangkat destinasi wisata mancing di kabupaten Jember,” pungkas Nurul Huda, selaku perwakilan panitia kepada SahabatMancing.com, (16/10).

Daftar Juara Papuma Fishing Competition 2019

JUARA TEAM/KOMUNITAS BERAT IKAN (kg) JENIS IKAN
Terberat 1 Kompor 20,57 TENGGIRI
Terberat 2 King FC Sidoarjo 9,98 AMBERJACK
Terberat 3 Sinar Buniar 8,85 TENGGIRI
Harapan 1 B.L.A 7,56 GIANT TREVALLY
Harapan 2 Sinar Buniar 2  7,49 GIANT TREVALLY