Panen Ruby Dalam Event Banyuwangi Fishing Festival 2019

Banyuwangi, SAHABATMANCING.COM – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi baru saja menggelar event Banyuwangi Fishing Festival di pantai Grajagan, 21-22 September 2019. Bersama sekitar 356 peserta dari 89 tim mancing seluruh Indonesia, para peserta berhasil mengungkap potensi perairan selatan Banyuwangi, yang kaya akan spot mancing dengan hasil tangkapan berjenis Ruby Snapper, Kursisi dan Amberjack.

Para peserta yang berhasil merengkuh juara dalam agenda turnamen Banyuwangi Fishing Festival, di Pantai Grajagan, Banywangi, 21-22 September 2019. Pada turnamen kali ini tangkapan para peserta didominasi oleh ikan berjenis Ruby, Cablak, dan Amberjack. (Dok: Andri Paymo)

Panen strike yang didominasi ikan prestisius di dunia pemancingan ini terjadi dalam gelaran Banyuwangi Fishing Festival 2019. Tak tanggung-tanggung, hampir seluruh peserta yang berhasil mendulang tangkapan sukses mendaratkan ikan yang hidup di air dalam tersebut.

Tak terkecuali dengan para peserta yang berhasil masuk ke podium juara. Enam juara podium yang disediakan panitia, seluruhnya merupakan peserta yang mampu menaikan ikan berjenis Ruby Snapper dan Cablak (Kurisi).

Seperti yang diungkapkan oleh Andri Paymo selaku ketua panitia Banyuwangi Fishing Festival 2019. Menurutnya momentum turnamen mancing ini sangat bertepatan musim Ruby, Kurisi, dan Amberjack menyambangi perairan sekitar Banyuwangi.

“Memang sudah masuk musim Ruby dan Amberjack. Umumnya pada bulan delapan (Agustus) sampai bulan sebelas (November) menjadi puncak musim Ruby masuk ke perairan Banyuwangi,” ungkap Andri kepada SahabatMancing.com, (23/9).

Dereten tangkapan peserta yang didominasi ikan berjenis Ruby Snapper dan Cablak.

Lebih lanjut, selain karena dipengaruhi masuknya musim Ruby, melimpahnya tangkapan peserta yang didominasi ikan prestisius tersebut, juga dkarenakan pihak panitia memberikan titik kordinat spot mancing kepada seluruh peserta.

“Kami berikan informasi dimana saja titik waypoint lomba kepada seluruh peserta tanpa terkecuali. Jadi biar peserta dari luar daerah juga tidak kebingungan,” tambahnya.

Dalam keterangan titik kordinat spot yang dibagikan panitia, tergambar jelas lokasi waypoint lomba mulai dari kode kordinat, jarak dari dermaga, sampai rentang kedalaman air. Secara umum, lokasi spot mancing tersebar dari jarak 10 km sampai 20 km dengan variasi kedalaman antara 70 m hingga 140 m.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengaku sangat puas dan bangga dengan penyelenggaraan event Banyuwangi Fishing Festival 2019. Menurutnya, meski turnamen kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini baru menginjak tahun kedua, namun antusias dari para peserta cukup positif dalam mengikuti lomba mancing Banyuwangi.

Pantai Grajagan yang menjadi pusat penyelenggaraan lomba mancing Banyuwangi Fishing Festival.

“Kami harap kegiatan lomba mancing ini dapat mengangkat potensi bahari pantai Grajagan sebagai destinasi wisata di Banyuwangi. Selain pantai Grajagan, kami memiliki banyak titik pantai potensial lain yang tersedia di sepanjang garis pantai Banyuwangi yang terpanjang se-Jawa Timur,” pungkas Anas seperti dilansir dari TribunBali.

Daftar Juara Banywangi Fishing Festival 2019

JUARA NAMA KOMUNITAS BERAT IKAN (kg) JENIS IKAN
Terberat 1 Bengkel Team Glemore 7.48 Cablak
Terberat 2 FFC Jember 7.16 Cablak
Terberat 3 BLA Bali 2 6.15 Ruby
Terberat 4 SFC 5.39 Cablak
Terberat 5 Perancak Bali 5.19 Ruby
Terberat 6 BLA Bali 2 4.92 Cablak