Turnamen UL ARP Community: Maksimalkan Potensi Tambak

Bekasi, SAHABATMAMANCING.COM – Perlombaan mancing bertajuk ‘Ultralight Fishing Competition 2019’ sukses digelar oleh ARP Community di Tanahbaru, Pondokdua, Kab. Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/4). Turnamen khusus peranti ringan yang diikuti sebanyak 355 peserta dari Jabodetabek ini menjadikan tambak-tambak di ujung Bekasi sebagai lokasi acara.

Peserta turnamen mancing ‘Ultralight Fishing Competition 2019’ berfoto bersama di lokasi acara sebelum dimulai. Ultralight Fishing saat ini menjadi teknik mancing yang sedang digandrungi pemancing di Indonesia. SAHABATMANCING.com/Rico Prasetio.

Potensi perairan payau di pesisir utara Bekasi menjadi alasan dipilihnya kegiatan ini. Mulanya, pihak ARP Community ingin menggelar perlombaan casting ultralight dan kemudian melakukan komunikasi dengan perwakilan komunitas mancing di sekitar Bekasi.

Dari tambak-tambak yang tersedia di sana, ARP Community menggunakan sebanyak 3 buah tambak untuk dijadikan area mancing. Sebab, satu tambak hanya mampu menampung sekitar 100 orang peserta saja. Untuk itu, panitia mengundi pembagian lokasi mancing kepada para peserta secara acak agar peserta tertib.

Spesies ikan khususnya kakap putih, menjadi target utama di samping spesies lain seperti baji-baji, bloso, payus serta barakuda. Teknik casting dengan peranti ringan dan beragam jenis umpan artifisial digunakan peserta guna mendapatkan spesies-spesies tersebut.

Muhammad, Kepala Dusun Huripjaya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, gelaran ‘Ultralight Fishing Competition 2019’ secara tidak langsung mampu mengangkat perekonomian warga di sekitar lokasi acara. “Ratusan orang yang hadir membuat warga sekitar bisa menjajakan barang, khususnya konsumsi (makanan dan minuman). Ini jelas sangat membantu sekali,” ujar dia.

Untuk itu, Muhammad juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta dan panitia acara atas kegiatan positif yang digelar ini. Tidak hanya mancing, kegiatan sosial juga dilakukan oleh pihak ARP Community dengan memberikan bantuan alat sekolah kepada anak-anak yang membutuhkan serta kegiatan peduli lingkungan penanaman pohon bakau..

‘Ultralight Fishing Competition 2019’ dilaksanakan pada pukul 07:00 – 12:00 WIB. Antusias tinggi peserta terlihat dari semangat mereka yang tetap melakukan kegiatan mancing di luasnya area yang ditentukan panitia.