1500 Pemancing Siap Semarakan Lomba Mancing Pasiran Karangwuni

Lomba Mancing Pasiran di Pesisir Pantai Karangwuni kembali akan digelar pada Minggu, 24 September 2017. Ajang ini merupakan tahun kedua setelah pada tahun sebelumnya lomba serupa diadakan di garis pantai paling Selatan di Kabupaten Kulonprogo itu. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Adikarto Manunggal, sebagai penyelenggara siap menyuguhkan lomba mancing pasiran yang lebih meriah dengan target mendatangkan sekitar 1500 pemancing.

Ratusan pemancing tengah mengikuti ajang Lomba Mancing Pasiran Karangwuni pada tahun 2016. Tahun ini, lomba serupa akan diadakan dengan skala yang lebih besar lagi. (Dok/Landung)

Pesona pesisir pantai Karangwuni sebagai spot mancing pasiran andalan di Selatan Jawa, masih menjadi magnet utama dalam penyelenggaraan Lomba Mancing Pasiran ini. Bibir pantai sepanjang 3 kilometer siap menampung sekitar 1500 pemancing dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Potensi ikan karang yang masih cukup melimpah seperti Giant Trevally, Senangin, Bojor, Mamong dan sejenisnya, dinilai mampu memanjakan para pemancing untuk mendulang tangkapan seoptimal mungkin. Tak salah hingga menjelang perlombaan, sudah ada lebih dari 1000 pemancing yang mendaftarkan diri sebagai peserta Lomba Mancing Pasiran Karangwuni.

Jumlah ini masih akan terus bertambah mengingat pihak panitia masih akan membuka pendaftaran sampai menjelang lomba dimulai. Hal ini diungkapkan langsung oleh Landung, selaku Ketua Panitia Lomba Mancing Pasiran Karangwuni 2017. Menurutnya, ia sengaja membuka pendaftaran sampai hari ‘H’ lomba agar tidak menutup peluang bagi pemancing yang masih ingin mendaftar dipenghujung waktu.

“Karena pengalaman pada tahun lalu, ada beberapa peserta yang daftar di H-2, H-1, bahkan sampai jelang pembukaan. Sampai hari H kami akan buka meja pendaftaran di sebelah pelabuhan Adikarto yang tidak jauh dari spot mancing pantai Karangwuni. Saat ini peserta yang mendaftar banyak berasal dari Jogja, Kebumen, Gombong dan kota-kota lain di Jawa Tengah,” ujar Landung kepada SahabatMancing.com, Rabu (20/9).

Lebih lanjut, perlombaan akan dimulai pada hari Minggu pukul 07:00 pagi dengan ditandai suara sirine. Peserta bisa mengeksplor spot mancing di pesisir pantai Karangwuni sepanjang 3 kilometer dengan batas sampai ke Desa Garongan. Ada dua kategori ikan yang dilombakan dalam Turnamen Mancing Pasiran ini. Pertama adalah kategori ikan sisik terberat yang mencakup semua spesies ikan karang, kedua kadalah kategori ikan nonsisik yang mencakup ikan pari saja.

Khusus kategori ikan sisik akan memperebutkan empat juara dengan hadiah utama sepeda motor matic, joran pancing merek Shimano, dan trophy Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X. Untuk kategori nonsisik hanya ada satu kampiun juara dengan hadiah joran pancing merek Shimano. Selain itu, disediakan pula Doorprize 1 unit sepeda motor matic dan beragam piranti mancing lengkap.

Beberapa spesies ikan karang yang berhasil didaratkan oleh pemancing di spot pesisir Pantai Karangwuni

“Insya Allah Kanjeng Gusti Paku Alam akan hadir, ditemani dengan Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Yogyakarta, dan Ketua DPRD Kulon Progo. Mereka akan membuka sekaligus menyerahkan hadiah beserta trophy bagi para pemenang,” tambahnya.

Sebagai acara yang dipelopori oleh Kelompok Sadar Wisata, Landung berharap lewat acara lomba mancing ini bisa meningkatkan potensi wisata bahari dan olahraga air di pesisir pantai Karangwuni.

“Kami menawarkan potensi pariwisata Pantai Karangwuni dengan keunggulan di bidang perikanan. Di lokasi ini selain sebagai objek wisata, juga menjadi spot andalan bagi para pemancing pasiran. Kebetulan juga di sini dekat dengan dermaga dan pelabuhan Adikarto untuk tempat kapal bersandar,” tutupnya.

Bagi anda yang berminat, Lomba Mancing Pasiran Karangwuni dibanderol Tiket senilai Rp60 ribu, sudah termasuk dengan snack dan minuman ringan. Untuk pendaftaran sila hubungi: Landung  0858-7526-1614