Sensasi Mancing Ultralight Di Pantai Tamban Malang

Malang, SAHABATMANCING.COM – Malang memang dianugerahi pesona alam yang paripurna. Selain dikenal sebagai kota wisata pegunungan, kota apel ini juga memiliki potensi dari topografi pantai dan lautnya. Di selatan kabupaten Malang, berjajar pantai-pantai cantik nan eksotis yang menjadi spot andalan untuk mancing pinggiran/pasiran. Salah satu pantai yang muncul dari daftar ialah pantai Tamban, mutiara terpendam bumi Arema yang kini tengah naik ke permukaan.

Sekitar 70 pemancing se-Malang Raya dan sekitarnya mengikuti event mancing bareng (mabar) ultralight yang diselenggarakan oleh komunitas Mancing Mania Malang Raya (M3R), di pesisir pantai Tamban, Minggu (31/3). Pantai selatan kabupaten Malang ini menyimpan berjuta potensi yang belum tereksplor dengan baik. (Dok/Panitia M3R)

Bertahun-tahun silam nama pantai Tamban memang nyaris tak pernah terdengar bila mengucap tempat wisata andalan di kabupaten Malang. Nama Tamban kalah tersehor oleh tetangganya seperti; pantai Goa Cina, pantai Clungup, pantai Lenggoksono, pantai Watu Leter hingga pantai Teluk Asmoro. Namun dewasa ini, Tamban mulai muncul sebagai daftar pantai yang patut dikunjungi bila bertandang ke bumi Arema.

Penyebabnya tak lain karena eksotisme lengkungan garis pantainya yang membujur sepanjang 1,5 km, seolah membentuk sebagai sebuah teluk. Tidak hanya itu, pantai Tamban juga diselimuti pasir putih lembut tanpa halangan batu karang, sehingga deburan ombak dari samudera Hindia meluncur sempurna menuju bibir pantai. Kondisi ini pula yang membuat pantai Tamban begitu potensial sebagai spot mancing pinggiran.

Komunitas Mancing Mania Malang Raya (M3R) menjadi salah satu pihak yang membumikan pantai Tamban sebagai spot mancing. Setelah sebelumnya pantai Lenggoksono yang diperkenalkan di kalangan pemancing Jawa Timur lewat gelaran event ‘1001 Ragam Budaya dan Pesona Lenggoksono’, kali ini M3R menggelar event Mancing Bareng (Mabar) Ultralight di pesisir pantai Tamban, Minggu (31/3) kemarin.

Bersama sekitar 70 pemancing dari Malang, Jember dan sekitarnya, kegiatan mancing bersama menggunakan peranti ukuran kecil ini dilangsungkan untuk menjajal potensi yang tersimpan di pantai Tamban. Meski target ikan yang didapat menjadi terbatas karena faktor ukuran peranti, namun hal itu tak membuat jalannya Mabar sepi dari hentakan strike.

Deretan peserta yang berkumpul sebelum gelaran mancing bareng dimulai.

Bahkan sejak mabar dimulai pada pagi hari, sudah ada beberapa peserta yang berhasil menaikan tangkapan, meski ukurannya relative berukuran jari-jari orang dewasa. Tercatat dari data panitia, sepanjang mancing berlangsung ada sekitar 40 ikan yang berhasil didaratkan oleh peserta. Dari keseluruhan strike yang dihasilkan terpilih tiga peserta yang berhasil menaikan ikan terberat dan berhak masuk ke dalam podium juara.

Okky Kusuma, menjadi salah satu dari tiga peserta yang masuk ke dalam tangga juara. Ia berhasil menaikan ikan Laosan/Senangin berbobot 279 gram, mengungguli pesaingnya di posisi kedua yang menaikan ikan Flathead seberat 265 gram, dan ikan Selar berbobot 213 gram di posisi ketiga. Atas raihan tersebut Okky berhak atas tophi juara dan hadiah berupa uang tunai senilai Rp1 juta.

“Enggak nyangka bisa dapat juara satu, mengingat sebenarnya saya sendiri sudah lelah karena panas matahari yang sudah terik sejak pukul 10:00. Cuma berhubung saya bisa dibilang tidak terlalu sering mancing dan sekalian buat olahraga, akhirnya saya bertekad coba di spot paling ujung, dan ternyata dapat jackpot-nya di sana,” ujar Okky kepada SahabatMancing.com, (1/4).

Okky Kusuma (tengah) menjadi peserta terbaik dalam ajang Mabar Ultralight dalam rangka Anniversary ke-4 komunitas Mancing Mania Malang Raya (M3R).

Lebih lanjut, sebelumnya ia juga sempat pasarah setelah melihat kondisi spot yang mendadak keruh, namun ia tetap telaten untuk terus mencoba dan berpindah-pindah spot meski jarak pantai yang cukup luas “Puji syukur untungnya dapat di jam-jam akhir. Istilahnya saya masih beginners luck, alias jurus bejo (beruntung),” tambahnya.

Tak lupa ia mengapresiasi pihak panitia yang telah menggelar event Mabar dengan kualitas manajemen dan organisasi yang baik. “Event-nya seru, panitianya juga helpful. Banyak kejutan doorprice saat waktu mancing berjalan, jadi bisa buat penyemangat bagi peserta. Kemudian kesiapan pendukung acara seperti keamanan, tenaga kesehatan juga ada. Jadi bisa dibilang ini contoh acara mabar turnamen yang bagus,” tutupnya.

Daftar Juara Mabar Ultralight Mancing Mania Malang Raya

Peringkat Juara Hadiah Nama Berat (gram) Jenis Ikan
Juara 1 Rp1 juta + trophi Okky Kusuma 279 Laosan
Juara 2 Rp500 ribu + trophi Yoga 265 Flathead
Juara 3 Rp250 ribu + trophi Roby 213 Selar

Heksa Ragil Pamungkas

Author