Grup Sahabat Angler; Semarak Fun Fishing Di Pulau Tunda

Sejumlah pegiat mancing yang tergabung dalam grup Sahabat Angler Indonesia melangsungkan event fun fishing yang dihelat di spot perairan Pulau Tunda, Banten, Minggu (11/3). Event mancing bersama ini diikuti sekitar 32 peserta yang datang dari berbagai komunitas dan non komunitas mancing di wilayah Serang, Tangerang, Jakarta, Bekasi hingga Bogor.

Sekitar 32 peserta yang tergabung dalam grup SAHABAT ANGLER meramaikan event Fun Fishing yang diselenggarakan di perairan Pulau Tunda, Minggu (11/3). Event ini diikuti oleh pemancing komunitas maupun non komunitas yang berasal dari wilayah Serang, Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Bogor. (SAHABATMANCING/Heksa R.P)

Meski berbeda atribut dan bendera komunitas, namun seluruh peserta menyatu dalam menjalin keakraban antara satu dengan yang lainnya. Mereka berkumpul sejak Sabtu sore (10/3), di Pelabuhan Karangantu, Serang Banten, yang merupakan titik awal keberangkatan. Ada 4 kapal yang disiapkan sebagai armada peserta dalam mengikuti fun fishing ini. Diantaranya; KM Az Zahra, KM Permata Kana (Mumu), KM Sri Makmur, dan KM Prihatin.

Setelah seluruh peserta berkumpul, sekitar pukul 21:00 kapal langsung beranjak dari Pelabuhan Karangantu menuju spot andalan di sekitar perairan Pulau Tunda. Di kawasan ini, oleh kalangan pemancing mahsyur dikenal sebagai salah satu spot terbaik memburu Kakap Merah. Perjalanan yang ditempuh menuju spot memakan waktu kurang lebih sekitar 2-3 jam. Namun di tengah-tengah perjalanan terdapat beberapa kapal yang singgah terlebih dulu di spot tertentu untuk sekadar ‘pemanasan’.

Sehingga saat Fajar menjelang, kapal-kapal peserta baru tiba di spot tujuan. Mereka langsung menyiapkan segala amunisi untuk memburu sang predator yang menghuni karang dan rumpon di dasar perairan Pulau Tunda tersebut. Teknik dasaran dengan timah pemberat beserta umpan cumi, menjadi ciri khas bila memancing di laut Utara Banten ini.

Salah satu peserta saat tengah fight dengan buruan ikan di rumpon Pulau Tunda. Keberadaan rumpon cukup membawa angin segar bagi pemancing di kala panceklik mendera.

Rumpon Menjadi Andalan

Kendala arus yang kuat dan angin kencang faktor berakhirnya periode angin baratan, cukup merepotkan peserta saat memburu sang predator. Namun dengan sedikit bantuan naluri kapten kapal yang hafal titik-titik spot andalan, pada akhirnya membuat peserta bisa menaikan ikan-ikan penghuni laut Pulau Tunda. Tepat pada petang menjelang, seluruh peserta telah kembali ke Pelabuhan Karangantu dengan selamat.

Menurut Richard Sandy selaku penggagas acara, jika event ini dihelat semata untuk merajut silatuhrami antar sesama angler di wilayah Banten, Jakarta dan sekitarnya. Ia menuturkan bila agenda fun fishing ini berangkat dari antusias pemancing yang begitu besar setelah mengikuti trip rutin ke Pulau Tunda. Setelah trip pertama usai, tak dinyana respon dari pemancing begitu positif. Bahkan ada beberapa pemancing dari lingkup luar yang ingin ikut serta dalam trip mancing tersebut.

Untuk itu, Richard bersama beberapa rekan-rekan pemancing dari Serang, berinisiatif menggelar event mancing bersama dengan skala yang lebih besar dan juga dengan tambahan gimmick doorprize serta hadiah.

“Sehingga saya buat grup Whatsapp SAHABAT ANGLER. Awalnya jumlahnya terbatas, namun karena jaringan relasi pemancing yang begitu luas akhirnya berkembang hingga ke pemancing di luar Serang seperti; Tangerang, Jakarta, Bogor dan Bekasi,” ujar Richard kepada SahabatMancing.com, Minggu (11/3).

Lebih lanjut, ia pun cukup merasa senang dan puas melihat animo pemancing yang begitu besar untuk tergabung dalam trip fun fishing ke pulau Tunda. Meski hasil tangkapan kurang sesuai harapan, namun lanjut Richard, seluruh peserta bisa memahami kondisi tersebut dan tetap menikmati jalannya acara mancing bersama seraya bersilatuhrami dengan sesama pegiat mancing.

Beberapa peserta yang berhasil mendaratkan Kakap Merah.

“Mari kita jalin silaturahmi yang baik dan hangat, agar kedepan semua pemancing bisa merasan indahnya persahabatan satu sama lain tanpa ada perbedaan suku, agama dan lain-lain,” tukasnya.

Klasemen Podium

Sementara itu, untuk klasemen perolehan tangkapan hasil event fun fishing, diisi oleh pemancing bernama Budi di posisi ketiga dengan tangkapan Kakap Merah seberat 500 gram. Lalu posisi kedua diisi oleh Bernad dengan tangkapan GT seberat 700 gram, dan posisi pertama diisi oleh Purwanto yang berhasil mendaratkan Kerapu Macan seberat 1,2 kg.

Masing-masing pemancing berhak mendapatkan hadiah Reel Pandora 5000 untuk juara ketiga, lalu Joran Maguro Eternal Lite untuk juara kedua, dan Reel Nexave 10000 FC untuk juara pertama. Selain hadiah bagi juara podium, dibagikan juga doorprize berupa aksesoris pancing.