Ribuan Buruh Ikuti Lomba Mancing Peringati Mayday

Ribuan Buruh Ikuti Lomba Mancing Peringati Mayday

Bagikan:

Ribuan buruh yang berasal dari beberapa serikat pekerja dan federasi buruh di Tangerang mengikuti perlombaan mancing untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) Senin, (1/5) di Setu Tigaraksa, Tangerang. Perlombaan mancing tersebut sengaja diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tangerang sebagai momentum dalam mengurangi kegiatan buruh yang kerap melakukan aksi turun ke jalan.

Kapolresta Tangerang Kombes Asep Edi Suheri melepaskan ikan Mas di Danau Suspem Tangerang. (dok. Polresta Tangerang)

“Kegiatan ini bagian dari peringatan May Day yang tidak harus diisi dengan unjuk rasa. Setidaknya ini akan bisa mengurangi buruh yang demo maupun datang ke Jakarta,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Syafrudin dikutip dari Tempo, Senin (1/5).

Syarifudin mengatakan, konsep serta tujuan memancing ikan bersama ini adalah kebersamaan dan kekeluargaan. Para buruh yang menjadi peserta utama dalam kegiatan ini diperbolehkan membawa keluarga mereka. “Seru-seruan dan kebersamaan,” katanya.

Syafrudin mengklaim kegiatan yang pertama kali diadakan di Tangerang ini didukung oleh delapan Serikat Pekerja dan Federasi buruh dan berbagai perusahaan di Kabupaten Tangerang. Antusiasme para buruh ternyata di luar dugaan panitia LKs Tripartid Kabupaten Tangerang. Dari undangan 1.000 orang, yang datang ternyata ada sekitar 2.500 orang.

“Sampai penuh ke belakang-belakang, jadi memang Alhamdulillah rekan-rekan buruh ini begitu antusias dan mereka benar-benar menikmati May Day dengan gembira,” ujar Kapolresta Tangerang Kombes Asep Edi Suheri kepada detikcom, Senin (1/5).

Sebanyak 3 ton Ikan Mas akan dimasukan ke dalam Danau Suspem Tigaraksa yang berada didalam kompleks Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Ikan mas berbagai ukuran ini dilepas ke danau seluas 2 hektar itu. “Tiga ton Ikan mas kami rasa cukup untuk meramaikan acara ini,”ujar Syafrudin.

Untuk menambah semangat peserta, kata Syafrudin, panitia menyediakan hadiah satu unit sepeda motor dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. “Bupati sangat mendukung acara ini, beliau menyiapkan sepeda motor untuk pemenang utama,” ujar Syafrudin. Selain sepeda motor, para peserta mancing bersama ini akan mendapatkan hadiah hiburan lainnya berupa barang elektronik seperti kulkas dan televisi.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Tangerang, Juanda Usman mengatakan dengan banyaknya diadakan kegiatan pada Hari Buruh, konsentrasi buruh untuk turun ke jalan akan berkurang. Peringatan May Day tidak harus diisi dengan aksi unjuk rasa, akan lebih bermanfaat jika diisi dengan kegiatan positif lainnya,” kata Juanda. – LP

Bagikan:

Leo Permana

Author

Chat