Penyewaan Kapal Mancing Menuju Kep. Seribu Saat Puasa Masih Ramai

Penyewaan Kapal Mancing Menuju Kep. Seribu Saat Puasa Masih Ramai

Bagikan:

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Minat sewa kapal mancing di beberapa lokasi bersandar kapal di pesisir Jakarta dan Tangerang pada bulan puasa tidak mengalami penurunan berarti. Kondisi tingkat agresifitas ikan di spot-spot potensial khususnya di perairan Kepulauan Seribu jadi faktor masih tingginya minat mancing masyarakat walau sedang berpuasa.

Beberapa ikan hasil pancing di perairan Kepulauan Seribu. SAHABATMANCING.com/Rico Prasetio

Tono, pengelola dan kapten kapal motor (KM) Jabbar yang bersandar di dermaga PLTU Bahtera Jaya Ancol, Jakarta menyebutkan, bulan puasa sepertinya dijadikan sebagai momentum sebagian pemancing untuk beribadah dengan mengurangi kegiatan mancing mereka khususnya di laut Kep. Seribu.

“Khususnya mereka (pemancing muslim) sudah pasti off (mancing). Mungkin mereka ini adalah pemancing-pemancing lama yang sementara pensiun. Namun tidak bagi para pemancing pemula yang ingin merasakan kegiatan mancing pada bulan puasa. Jumlahnya pun tidak berkurang setiap tahunnya,” jelas Tono.

Menurut Tono, faktor besar atau kecilnya antusias kegiatan mancing di Kep. Seribu tidak bisa dipengaruhi oleh ibadah puasa, namun dipengaruhi oleh kondisi serta agresifitas ‘makan’ ikan di spot. Bila sedang datang musim ikan, antusias kegiatan mancing walau sedang puasa akan tetap berlangsung ramai.

Hal senada juga diungkapkan Robby, salah satu kapten kapal KM Ruby yang bersandar di Dermaga Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang. Ia mengatakan, minat sewa kapal mancing oleh para pemancing di Jabodetabek, baik hari biasa maupun bulan puasa seperti saat ini tidak ada perbedaan mencolok.

Setiap bulan puasa khususnya tahun ini, KM Ruby sudah menerima pesanan trip sebulan full pada akhir pekannya. Hingga akhir Mei mendatang, 6 unit KM Ruby siap berlayar menemani para pemancing mengeksplorasi spot-spot di Kepulauan Seribu.

“Puasa sepertinya tidak jadi halangan para pemancing dalam menyalurkan hobinya. Mungkin kekhawatiran saja sebagian pemancing takut jika aktifitas mancing mengganggu ibadah mereka, terlebih bila cuaca di laut sedang buruk. Selebihnya, tidak berpengaruh,” jelas Robby.

Bagikan:
Chat