Peneliti ITS Surabaya: Gabus Dapat Turunkan Gula Darah

Peneliti ITS Surabaya: Gabus Dapat Turunkan Gula Darah

Bagikan:

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Selain memiliki sensasi perlawanan yang kuat, ikan Gabus sudah terkenal memiliki khasiat bagi manusia. Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak Ikan Gabus dapat menjadi obat penyakit Diabetes.

Ikan gabus hasil pancing menggunakan peranti baitcasting. sahabatmancing.com/rico prasetio

Para peneliti melakukan penelitian pada hewan uji. Hasil yang didapat pada hewan uji, ekstrak ikan Gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak.

“Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah,” kata salah satu peneliti, Dr Dewi Hidayati SSi MSi seperti dikutik Tribunnews.

Dewi mengungkapkan, sebelumnya hewan uji telah diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya yang bertujuan untuk merusak jaringan pankreas pada hewan uji. Setelah itu barulah hewan uji diberikan ekstrak ikan gabus.

Tak lama kemudian, terlihat ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan. “Sebesar 69,78 persen jaringan pankreas dapat kembali normal,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak ikan Gabus ternyata tidak hanya memulihkan jaringan pankreas, tapi juga berhasil meregenerasi jaringan testis hewan uji. Rencananya, riset tentang manfaat ikan Gabus ini juga akan dikembangkannya dalam hal molekular.

“Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tuturnya Dewi. Ia berharap, ekstrak ikan asli penghuni perairan Indonesia yang ditelitinya bersama tim, dapat menjadi obat diabetes alternatif yang efektif, murah, dan mudah didapat oleh masyarakat. Rico Prasetio

Bagikan:
Chat