Penebaran Benih Pada HUT JAL Pertama

Memperingati hari jadinya yang pertama, komunitas mancing Jogja Angler Ladies (JAL) menggelar serangkaian acara bersama anggota mereka serta mengundang beberapa pemancing dari berbagai komunitas, Minggu (21/5) di Jogjakarta. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari penebaran benih ikan serta mancing bersama.

Beberapa pemancing dari komunitas lain juga turut serta melakukan penebaran benih ikan di sungai saat merayakan HUT Jogja Angler Ladies pertama di Jogja, Minggu (21/5).

“Untuk memperingati berdirinya JAL, maka kami melakukan kegiatan tersebut guna menjalin silaturahmi antar anggota, pemancing dari komunitas lain serta mewujudkan kepedulian terhadap kelestarian ekosistem perairan,” ujar Listiana Adel, ketua JAL kepada SM, Selasa (23/5).

Kampanye kelestarian lingkungan memang menjadi konsentrasi JAL sebagai pegiat mancing di Jogja. Sebanyak kurang lebih 12 ribu bibit ikan disebar di embung dan sungai-sungai yang lokasinya sudah dipastikan terbebas dari praktik strum dan racun.

“Benih ikan yang kami tebar menyesuaikan lokasi. Bibit Ikan yang ditebar di embung adalah ikan Nila dan Lele karena di situ terdapat ikan sejenis. Untuk bibit ikan yang ditebar di sungai yaitu ikan endemik (Melem, Mas dan Tawes) dan bukan ikan predator agar tidak menganggu ekosisten,” tambah Listiana.

Usai penebaran benih, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue secara simbolis dan perlombaan mancing antara anggota dan para tamu undangan dari komunitas lain di Karangsari Fishing Valley, Sleman, Jogjakarta.

Perayaan hari jadi yang pertama ini dijadikan JAL sebagai momentum upaya pelebaran jaringan anggota mereka lebih banyak lagi. Listiana menegaskan bahwa JAL juga menekankan kepada seluruh anggota untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam memancing.

“Selain itu, kami juga berusaha untuk menjalin hubungan dan kerja sama dengan komunitas mancing lain agar tercipta hubungan yang harmonis,” ungkap Listiana.

Listiana mengatakan, kegiatan kali ini karena keterbatasan dan kemampuan, panitia baru mampu mengundang sebagian grup mancing yang ada di Jogja seperti seperti Mancing Mania Jogjakarta, Mancing Mania Sleman, JogjAngler, Pasiraner Jogja, Komunitas Wader Mania, Bolo Mancing Pajangan Ngayogjokarto Hadiningrat dan Ladies Angler Commmunity.

“Mudah2 event berikutnya kami bisa mengundang semua grup mancing yang ada di Jogja dan sekitarnya,” tutup Listiana. – RPS