Melalui Penebaran Bibit Ikan, Produktivitas Sungai Akan Meningkat

Kubu Raya, SAHABATMANCING.COM – Penebaran bibit ikan ke perairan sungai-sungai di akan menciptakan multi efek ekonomi. Aksi nyata ini dapat berubah menjadi peluang jika semua elemen masyarakat mampu meningaklanjutinya.

Penebaran benih ikan oleh Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam (kanan) saat menghadiri kegiatan kepemudaan di Kecamatan Sungai Kakap, Pontianak akhir pekan lalu. Foto: Tribun

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam saat menghadiri kegiatan kepemudaan di Kecamatan Sungai Kakap akhir pekan lalu seperti diberitakan Tribun News, Kamis (12/9).

Yusran mengatakan, penebaran bibit ikan mampu mengangkat produktivitas sungai yang selanjutnya dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat. Terlebih, komunitas mancing sebagai garda terdepan aksi nyata di Kubu Raya telah berkomitmen untuk mengawal kelestarian sungai-sungai.

Di Kota Pontianak sendiri, terdapat paling tidak 31 komunitas mancing yang aktif. Bahkan salah satunya memiliki anggota sebanyak seribu orang.

“Kegiatan menebar bibit ikan ini sangat positif karena pada gilirannya akan menciptakan multiefek ekonomi. Daerah destinasi mancing akan ramai didatangi para pemancing.” ungkap Yusran.

Dampak minimalnya mereka akan membeli keperluan mancing seperti makan, minum, dan seterusnya dari warga setempat. Multi efek ekonomi lainnya, sambung Yusran, warga setempat juga mendapatkan lapangan pekerjaan dengan berdagang ikan.

“Yang belum ada kerja bisa mencari ikan. Kalau sudah dapat bawa ke pasar bisa jadi uang. Jadi secara tidak langsung program penebaran bibit ikan dapat menciptakan lapangan kerja secara massif,” terangnya.