Lomba Mancing Tuna Perdana di Sendangbiru Usai Digelar

Lomba Mancing Tuna Perdana di Sendangbiru Usai Digelar

Bagikan:

Malang, SAHABATMANCING.COM – Komunitas Mancing Mania Malang Raya (M3R) bersama Polres Malang sukses menggelar event Lomba Mancing Tuna, di kawasan dermaga Sendangbiru, Malang, Minggu (1/7). Tak kurang dari 116 pemancing turut meramaikan lomba mancing dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 tersebut. Dalam lomba ini, ratusan pemancing untuk pertama kalinya diajak untuk mengeksplorasi spot rumpon Tuna di kawasan perairan laut selatan Kabupaten Malang.

Para pemenang lomba mancing tuna dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72 berfoto bersama dengan ikan ikan hasil tangkapannya usai acara di Pantai Sendangbiru, Malang, Jawa Timur. Sahabatmancing.com/Heksa RP

Pada 1 Juli 2018, spot yang menjadi ladang mata pencaharian sehari-hari ratusan nelayan di Sendangbiru ini, mendadak ramai dipenuhi oleh sekitar 12 kapal sekoci yang mengantar para peserta untuk memburu Tuna. Mereka secara serentak berlayar hingga sejauh 50 mil ke perairan Samudera Hindia, tempat dimana lumbung Tuna ditanam.

Menurut Ma’ruf Tohari selaku ketua panitia, jika lomba mancing ini digelar sebagai upaya untuk mengenalkan kemahsyuran spot rumpon Tuna kepada pegiat mancing seantero Nusantara.  “Lewat lomba mancing ini juga kami ingin mempopulerkan tangkapan nelayan Sendangbiru sebagai tuna berkualitas terbaik, bahkan bisa tembus untuk ekspor  ke pasar internasional,” ujar Tohari kepada SahabatMancing.com.

Lebih lanjut, dalam lomba yang dihelat pada malam hari 30 Juni sampai 1 Juli siang hari ini berlangsung aman dan terkendali. Meski diterpa angin kuat dari timur dan alunan ombak setinggi 1,5 -3 meter tak juga menyurutkan langkah peserta untuk memburu Tuna hingga ke samudera lepas. Dengan sedikit bantuan insting nelayan Sendangbiru, tak sedikit peserta yang mampu bertemu fenomena boiling di tengah lautan dan menyemai Tongkol, Cakalang hingga Tuna ke atas geladak kapal.

Meski ada juga dari kapal peserta lain yang bernasib kurang beruntung karena tak berhasil menyemai Tuna meski sudah berlayar ke arah rumpon Barat, namun seluruh peserta berhasil mendarat kembali dengan selamat ke dermaga. Namun dari 116 peserta, ada tiga pemancing yang berhasil mendaratkan tangkapan utama yaitu ikan Tuna Sirip Kuning.

Adalah Roni peserta asal Surabaya yang sukses menggapai tangga juara pertama dengan menorehkan tangkapan Tuna berbobot 3,21 kg. Kemudian Iman dan Joko pemancing asal Sidoarjo membuntuti di posisi kedua dan ketiga dengan torehan Tuna seberat 1,75 kg serta 0,75 kg. Ketiganya berhak atas trophy juara piala Kapolres Malang dan hadiah uang tunai masing-masin senilai Rp10 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta.

Roni menuturkan jika momen lomba mancing ini merupakan pertama kalinya ia menjajal spot rumpon Tuna Sendangbiru. Ia  juga sangat bersyukur bisa menjadi juara dalam turnamen yang memperebutkan piala Kapolres Malang tersebut. “Spot-nya masih sangat bagus, Tuna-nya juga masih banyak. Cuma sayang saja durasi mancingnya masih terlalu pendek. Semoga event berikutnya durasinya mancingnya bisa diperpanjang agar hasilnya bisa lebih maksimal,” pungkas Roni. HRP

Bagikan:
Chat