Lomba Mancing Kasal Cup 2017 Digelar September

Lomba Mancing Kasal Cup 2017 Digelar September

Bagikan:

Kendari, SAHABATMANCING.COM – Setelah empat tahun penyelenggaraannya tidak digelar, kejuaran tahunan yang sudah dimulai sejak 1998 itu pada tahun ini akan kembali diselenggarakan pada 7-9 Septermber 2017 mendatang di kota Kendari, Sulawesi Selatan. Berbagai kegiatan dan perlombaan bidang olahraga air akan dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 ini. 

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh panitia dari berbagai instansi. Dok: Mayor Laut (S) Purnomo Adi.

Bidang olahraga air yang diperlombakan meliputi; lomba dayung, diving, layar, ski air, jetski dan mancing. Untuk yang terakhir, lomba ini menjadi ajang prestisius dan sudah menjadi rutinitas yang selalu dilakukan sejak Kasal Cup edisi pertama digelar.

Dalam rangkaian kejuaraan tersebut, lomba mancing akan berlangsung pada tanggal 8 September 2017 dan dimulai pukul 08:00 waktu setempat, hingga berakhir keesokan harinya pada pukul 15:00 WITA. Perlombaan akan dilakukan di sekitar Pulau Menui, yang berjarak 45 mil dari kota Kendari. Peserta yang terdiri lima orang dalam satu tim akan menempati satu unit perahu yang sudah disediakan oleh panitia.

Peserta yang akan mengikuti perlombaan mancing ini dibebaskan dari biaya pendaftaran. Mereka hanya perlu membayar biaya penyewaan kapal mancing sebesar Rp2,5 juta per unitnya, serta fasilitas dan biaya makan selama di atas kapal. Mayor Laut (S) Purnomo Adi, selaku koordinator lomba mancing Kasal Cup 2017 menuturkan, kendati perlombaan baru akan dilaksanakan bulan depan, namun hingga saat ini sudah ada 32 tim peserta yang mendaftar.

“Target kami hanya 35 tim. Memang saya lihat antusiasnya besar sekali. Di kota Kendari saja, banyak komunitas dan klub mancing yang ikut serta. Hampir sebagian besar peserta berasal dari kota Kendari,” ujar Purnomo kepada SahabatMancing.com, Jum’at (11/8).

Lebih lanjut, semua jenis ikan akan masuk kategori pada lomba mancing ini, kecuali ikan yang masuk dalam kategori hewan dilindungi. Ia menambahkan, jika ikan Eskolar atau yang akrab dikenal dengan ikan Setan, menjadi buruan utama dalam perlombaan Kasal Cup 2017. Ikan yang termasuk kedalam spesies lepidocybium flavobrenneum ini, memang banyak hidup di laut Indonesia khususnya di perairan Sulawesi.

Ikan yang mendapatkan julukan moster night fish ini bobotnya bisa mencapai 50 kg. Untuk itu, bagi peserta yang mendapatkan induk terberat akan menjadi kampiun dan berhak mendapatkan piala Kasal serta hadiah utama senilai Rp20 juta. Kemudian juara kedua akan mendapatkan Rp15 juta dan juara ketiga akan mendapatkan Rp10 juta.

Purnomo menambahkan, panitia juga menyiapkan pula grand prize satu unit mobil city car bagi peserta yang mendapatkan dua ikan dengan bobot total 72 kg. “Jadi peserta yang mau ikut grandprize ini wajib menimbang dua ikannya dengan bobot total 72 kg. Ini berkaitan dengan HUT TNI AL yang ke-72. Di luar itu ada juga door prize  dari berbagai sponsor produsen piranti pancing kepada peserta yang beruntung,” kata Perwira menengah ini.

Bagi peserta yang berasal dari luar kota Kendari tak perlu risau dengan akomodasi kendaraan selama berada di Ibukota Sulawesi Tenggara tersebut. Karena panitia menjamin dan sudah menyiapkan sarana transportasi gratis bagi peserta mulai dari penjemputan di bandara, sampai perlombaan Kasal Cup berakhir.

Selain itu perwira yang menjabat sebagai Pasintel Lanal ini menambahkan, untuk sarana penginapan panitia Kasal Cup juga sudah berkoordinasi dengan penyedia jasa hotel di seluruh kota Kendari, untuk ikut ambil bagian dalam ajang Piala Kepala Staf Angkatan Laut ketujuh ini.

“Pihak hotel akan menyediakan harga khusus selama ajang Kasal Cup berlangsung. Untuk transpotasi kami sediakan free bagi peserta mulai dari penjemputan di bandara, hingga acara perlombaan selesai. Kami siapkan bus-bus dari kesatuan TNI AL, lalu dari Pemda Kendari dan dinas terkait juga ikut men-support. Jadi selama perlombaan berlangsung, transportasi itu ditanggung oleh panitia,” tambah Purnomo.

Purnomo berharap, lewat agenda Kasal Cup 2017, berbagai destinasi alam di kota Kendari bisa terekspos dan menjadi pilihan obyek wisata favorit bagi para wisatawan, khusus bagi para pecinta hobi memancing.

Untuk pendaftaran peserta bisa menghubungi: Mayor Laut(S) Purnomo A : 0812-2278-9950 email : mahadalwakencana@gmail.com atau Mako Lanal Kendari : 0401-3121713 email : Kasalcupkendari2017@gmail.com. Pendaftaran lomba mancing KASAL Cup 2017 ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Bagikan:
Chat