KKP Beri 35.000 Bibit Lele ke Korban Tsunami Banten

Pandeglang, SAHABATMANCING.COM – Melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan bagi pembudidaya ikan dan masyarakat terdampak bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang, Banten (22/2). Kali ini KKP menyerahkan bantuan bagi pembudidaya ikan berupa 35.000 ekor benih lele dan 1,4 ton pakan ikan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto secara langsung menyerahkan bantuan tersebut yang dipusatkan di Kampung Mataram, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Dalam kunjungannya itu, Ia juga mengajak seluruh kepala UPT lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dari seluruh Indonesia. Juga hadir kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pandeglang, Camat, tokoh masyarakat dan agama, serta penyuluh perikanan.

“Kami (KKP) berkewajiban memotivasi masyarakat untuk segera bangkit. Kami ingin pembudidaya segera kembali melanjutkan usahanya. Produksi perikanan baik dari budidaya maupun penangkapan harus kembali bangkit. Kami tahu potensi perikanan budidaya yang dimiliki Pandeglang luar biasa,” ujar Slamet dikutip KKP News.

Bantuan yang diserahkan merupakan sebagian dari rencana KKP untuk membangkitkan kembali usaha perikanan budidaya di Kabupaten Pandeglang pasca bencana tsunami.

Pada tahun 2019 ini, KKP berencana menyalurkan 1,5 juta ekor benih ikan dan udang, 3.000 ekor calon induk ikan unggul, 10-15 ton pakan ikan, paket budidaya bioflok, bahan baku pakan mandiri, serta pendampingan dalam berbagai usaha perikanan termasuk budidaya.

“Kami yakin ini belum cukup. Kami minta Pak Kadis untuk mengidentifikasi lebih lanjut serta meng-update kerusakan-kerusakan sarana prasarana budidaya dan jumlah pembudidaya yang terdampak bencana,” jelas dia.

Bupati Pandegalang, Irna Narulita yang tampak tidak dapat menyembunyikan rasa gembiranya itu, menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dari KKP untuk masyarakatnya.

“Terima kasih atas bantuan sembako, pakan, benih, dan lainnya yang sudah diberikan. Banten memiliki 51 pulau dan garis pantai 600 km, 300-an km di antaranya atau separuhnya di Pandeglang. Sehingga budidaya bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat,” ujar Irna. RPS