Kemenpar Kembali Susun Standarisasi Usaha Wisata Mancing

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Kementerian Pariwisata melalui Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan menggelar penyusunan dan penelaah kembali standar usaha wisata mancing di Artotel, Thamrin, Jakarta, Kamis (21/3). Tidak hanya wisata mancing, pertemuan ini juga membahas mengenai standarisasi wisata arung jeram dan wisata selam yang masuk ke dalam bidang tirta yang akan dijadikan Peraturan Menteri.

Para peserta penyusunan dan penelaah kembali stander usaha wisata mancing. arung jeram dan selama berfoto bersama di Artotel, Thamrin, Jakarta, Kamis (21/3). (SAHABATMANCING.com/Rico Prasetio)
Agus Priyono, Analis Kebijakan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata menyebutkan pertemuan ini merupakan pembahasan dan konfirmasi draft peraturan yang sudah dibuat sebelumnya oleh Kemenpar, pelaku usaha mancing dan asosiasi.
 
“Jadi (pertemuan ini bertujuan) mana-mana draft yang bisa dipertahankan dan mana yang bisa dikoreksi. Sehingga ketika ditetapkan jadi tidak memberatkan pihak terkait,” ujar Agus.
 
Agus mengatakan, sejauh ini hal yang menghambat standarisasi usaha-usaha tersebut yaitu masalah produk (peralatannya). Paket peralatan penunjang tersebut disebutnya secara umum harus disediakan oleh para pelaku wisata khususnya mancing. 
 
“Unsur tersebut sehingga membuat para pelaku usaha memiliki kode etik dalam menjalankan usahanya. Selain standar operasional (SOP) yang menunjang kepada pelaksanaan dan penjaminan keselamatan wisatawan,” tambah Agus.
 
Dengan standarisasi yang dilakukan ini, Agus berharap kedepannya wisata mancing memiliki kejelasan standarisasi sehingga mampu meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata.
 
Pada 2024 mendatang, pemerintah menargetkan semua usaha pariwisata sudah memiliki standar wisata. Sejauh ini, sosialisasi ini sudah dilakukan di berbagai provinsi di Indonesia yang melibatkan berbagai macam stakeholder.
 
Pertemuan hari ini dihadiri oleh para pegiat luar ruangan, mulai dari pegiat mancing, selam dan arung jeram. – Rico Prasetio