Dua Tahun Vakum, Selayar Fishing Tournament 2017 Kembali Diselenggarakan

Dua Tahun Vakum, Selayar Fishing Tournament 2017 Kembali Diselenggarakan

Bagikan:

Pemerintah Kabupaten Selayar tengah bersiap untuk menyelenggarakan event bergengsi Selayar Fishing Tournament 2017. Setelah sempat vakum selama dua tahun, turnamen mancing skala nasional ini kembali akan diselenggarakan pada 11-12 November 2017. Selain sebagai kado hari jadi kota Selayar ke-412, event ini juga menjadi kabar gembira bagi para pemancing saltwater yang menanti-nanti diselenggarakannya turnamen mancing di perairan laut Flores tersebut.

Latar Pulau Tinabo, yang masuk ke dalam kepulauan Kabupaten Selayar. Perairan ini menjadi salah satu spot yang bisa dimanfaatkan oleh peserta Selayar Fishing Tournament. (Dok/Murah Kurniadi)

Kamis, 28 September 2017, Andi Batara Gau selaku perwakilan panitia Selayar Fishing Tournament menginjakan kakinya di Jakarta. Batara sapaan akrabnya, tak sekadar beranjak ratusan kilometer dari kampung halamannya ke Ibukota untuk berplesiran. Ia mengemban tugas dari Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali,  guna mengorbitkan turnamen mancing kebanggaan masyarakat Selayar agar bisa lebih berjalan apik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada edisi tahun ini, hadiah yang disiapkan oleh Pemkab Selayar mencapai total Rp100 juta.

Selain itu ia juga mendapat amanat dari Kepala Dinas Kepariwisataan Selayar, Ince Rahim, untuk mengharumkam nama Kepulauan Selayar sebagai salah satu detinasi wisata bahari terbaik yang ada di Sulawesi Selatan. Terlebih dengan adanya Turnamen Mancing Selayar, tentu menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan wilayah yang dihuni 123 ribu jiwa ini kepada para pelancong, khususnya bagi pecinta olahraga mancing di perairan lautan dalam.

Tak ayal, setidaknya ada dua titik yang disinggahi oleh Batara selama dua hari di Jakarta. Pertama adalah ke salah satu produsen brand piranti pancing yang berada di Jakarta Utara. Kemudian yang kedua ia mampir ke kantor Redaksi Majalah Sahabat Mancing untuk berbagi informasi yang akan menghasilkan berita yang kami tuliskan ini.

Dalam penuturannya, event Selayar Fishing Tournament pada tahun ini akan disponsori oleh sebuah merek piranti pancing kenamaan yang akan ia datangi. Sehingga baik dari sisi teknis perlombaan sampai door prize dan hadiah akan disupport penuh oleh sang sponsor brand piranti pancing tersebut. Menurutnya hal ini ditempuh untuk mengemas turnamen Selayar menjadi lebih baik dibanding event edisi sebelumnya.

“Turnamen Selayar merupakan event tahunan yang selalu kami adakan sejak 2009. Cuma dua tahun kemarin kami sempat vakum karena ada Pilkada. Memang pada event 2011 sempat ada peristiwa tidak mengenakan. Namun pada edisi kali ini kami belajar banyak dari pengalaman event sebelumnya. Untuk itu kami menggandeng salah satu brand pancing untuk menjadi sponsor utama,” ujar Batara kepada SahabatMancing.com (29/9).

Lebih lanjut ia menyambungkan, kehadirannya di Jakarta tak lain sebagai studi banding sekaligus berdiskusi dengan beberapa pihak termasuk sponsor utama, terkait peraturan dan sistem yang akan diterapkan dalam Selayar Fishing Tournament November nanti. Salah satu peraturan yang akan diaplikasikan yaitu penggunaan rekaman video sebagai bukti peserta berhasil mendaratkan ikan buruannya.

Andi Batara Gau tengah menjajal potensi spot yang terhampar di perairan Kepulauan Selayar. (Dok/Batara)

“Memang event mancing di Selayar ini cukup dinantikan oleh para pemancing dari dalam dan luar pulau Sulawesi. Mereka cukup merindukan karena sudah dua tahun tidak diselenggarakan. Setelah saya publikasikan di Facebook, sudah ada 35 tim yang mendaftar. Saya yakin pesertanya akan bertambah sampai pendaftaran ditutup,” tambahnya.

Meski begitu, pria yang menjabat sebagai Kepala Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Selayar ini, juga akan membatasi kuota peserta hingga 60 tim pemancing saja. Pembatasan ini berkaitan dengan jumlah kapal yang disiapkan dan pengkondisian lomba agar bisa berjalan aman dan sukses. Diluar itu pihak panitia juga mengakomodir untuk penjemputan peserta dari bandara menuju base camp.

“Kalau peserta dari pelabuhan kami akan bantu mengurusi transportasi yang akan digunakan menuju base camp. Jaraknya sekitar 45 km, kalau dari bandara ke base camp 10 km. Untuk penginapan di Selayar banyak tersedia hotel dan wisma, kalau masih kurang kami akan berdayakan rumah-rumah warga untuk home stay pesertai,” tutupnya.

Untuk informasi turnamen dan lomba, sila hubungi : 0852-5530-4488

Bagikan:
Chat