50 Ribu Benih Ikan Dari Gubernur DKI Untuk Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat melepas sekitar 50 ribu benih ikan air tawar di Taman Situ Lembang Menteng, Sabtu (7/10). Benih ikan yang ditebar merupakan jenis ikan konsumsi berupa 40 ribu benih nila dan 10 ribu benih lele. Penebaran benih ini menjadi rangkaian penutup usai rampungnya revitalisasi Taman Situ Lembang yang sudah dilakukan sejak Juli 2017.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat melepaskan sekitar 50 ribu benih ikan di tengah danau Taman Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. (Dok/Detik)

Taman Situ Lembang kini kembali pada hakikatnya. Selain sebagai ruang tebuka hijau bagi warga Jakarta, ia juga sebagai rumah bagi ikan air tawar penghuni situ yang berada di tengah-tengah taman. Situ yang sempat mengalami pendangkalan akibat adanya sedimantasi lumpur puluhan tahun ini, dikeruk dan dipasangi turap oleh Pemprov DKI demi mengembalikan kondisi situ seperti sedia kala.

Tercatat 8.014 kubik lumpur telah terangkat dari dasar kolam Situ Lembang yang kedalamannya mencapai 3 meter. Kemudian suhu air juga menjadi turun menjadi 24,99 dan PH air turun menjadi 6,88. Praktis dengan kondisi ini membuat Situ Lembang sudah layak untuk dihidupi biota ikan penghuni air tawar. Tak Pelak, Gubernur Djarot juga menitipkan tujuh ekor ikan Koi miliknya dan milik Basuki Tjahja Purnama di Taman Situ Lembang.

Dalam sambutannya Djarot mengatakan, ikan-ikan yang ditebar nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat sekaligus untuk menambah daya tarik taman yang terletak di pusat kota Jakarta tersebut. “Saya minta warga menjaga dan memanfaatkan situ. Jangan memancing menggunakan alat setrum maupun serokan. Kemudian juga jangan pakai pelet karena akan mengotori air danau, kalau mau mancing pakai umpan pelet saja,” tuturnya kepada awak media, Sabtu (7/10).

Lebih lanjut, Djarot juga berharap agar Taman Situ Lembang bisa dijaga oleh semua pihak dari tangan-tangan tidak bertanggungjawab yang kerap bertindak vandalisme. Dalam kesempatan yang sama, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menjawab keinginan Gubernur Djarot dengan menurunkan petugas khusus yang menjaga Taman Situ Lembang. “Untuk pengawasannya dari Sudin Kehutanan ada empat orang dan satpam dua orang,” ujarnya.

Selain di Taman Situ Lembang, Gubernur Djarot juga melepaskan sekitar 5 ribu benih ikan dalam peresmian Revitalisasi Kali Besar di Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Jum’at malam (6/10). Kawasan wisata Kota Tua yang direvitalisasi meliputi; Jembatan Budaya Nusantara, kawasan Kali Besar, Museum Sejarah dan Lokbin Taman Kota Intan di Jalan Cengkeh, Kelurahan Pinangsia, Tamansari.