12 Ribu Benih Ikan Ditebar di Embung Sidodadi

12 Ribu Benih Ikan Ditebar di Embung Sidodadi

Sebanyak 12 ribu benih ikan ditebar di Embung Sidodadi, Kelurahan Loktabat, Banjarbaru (12/6). Penebaran benih ikan ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Banjarbaru dalam melakukan pelestarian ekosistem dan lingkungan di sekitar Loktabat.

Penebaran bibit ikan yang dilakukan oleh Walikota Banjarmasin, H Nadjmi Adhani beserta jajarannya di Embung Sidodadi, Kelurahan Loktabat, Banjarbaru (12/6). (Dok. Facebook Humas Banjarbaru)

Walikota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani dalam sambutannya mengungkapkan, saat ini Embung Sidodadi sudah diperbaiki dan akan terus dilakukan pembenahan sehingga bisa memiliki multi manfaat.

“Selain sebagai kawasan penangkap air, juga bisa digunakan sebagai kawasan wisata air dan memancing. Dengan begitu, kawasan ini akan hidup, perekonomian warga akan tumbuh dan berdampak pada kesejahteraan warga,” katanya seperti dikutip dari FB Humas Banjarbaru, Kamis (15/6).

Nadjmi berpesan kepada seluruh warganya, untuk bersama memelihara, menjaga kebersihan dan kenyamanannya. “Mudahan benih ikan yang kita tabor ini membawa kebaikan” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Ir Muhammad Rustam MP, menjelaskan ada 3 jenis benih ikan yang ditebar, yakni ikan Papuyu, ikan Baung dan ikan Kalabau yang jumlah totalnya sebanyak 12 ribu ekor. Ia mengatakan tadinya benih ikan juga akan ditebar di Danau Cermin, tapi dibatalkan karena kondisi airnya yang asam.

Bantuan benih ikan yang disetujui Dirjen Perikanan sebanyak 30 ribu benih ikan yang diturunkan secara bertahap, 12 ribu benih ikan diantaranya ditebar di Embung Sidodadi, lalu menyusul nantinya di Sungai Kemuning.

“Kalau mancing boleh tapi tunggu usia ikan 3 hingga 4 bulan, nanti juga akan dipasang Pelang larangan pakai jala, pakai setrum apalagi diracun. Kalau mancing saja ya monggo, tapi bila dapat kecil ya dilepas lagi,” imbau Rustam seperti yang dikutip dari banjarmasinpost.co.id.

Hal tersebut senada seperti yang dikatakan oleh salah satu warga Banjarmasin, Said Muluk. Ia pun juga turut mengimbau bagi warga sekitar untuk saling menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan di Embung Sidodadi.

“Setahun atau dua tahun jangan di unjuni (pancingi), (agar) bisa berkembang biak banyak tu, dan warga sekitar semoga bisa menjaganya, jangan sampai disetrum,” ungkapnya seperti yang dikutip pada akun facebook miliknya.

Kegiatan ini terselenggara hasil kerja sama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin. Pelepasan ikan dipimpin oleh Walikota Banjar Baru H Nadjmi Adani diikuti jajaran lainnya. – LP

Leo Permana

Author

Chat