Menuju Gelaran Lomba Mancing Tuna Di Malang Akhir Pekan Ini!

Malang, SAHABATMANCING.COM – Komunitas Mancing Mania Malang Raya (M3R) kembali akan menggelar event turnamen mancing Tuna, Piala Kapolres Malang, di dermaga Sendangbiru, 21-22 September 2019 mendatang. Pada lomba mancing tahun ini, peserta kembali akan diajak untuk mengeksplor spot rumpon Tuna di di sekitar laut selatan Malang, dengan pilihan menggunakan kapal Jukung atau kapal Sekoci.

Salah satu pemancing yang menaiki kapal Sekoci saat penyelenggaraan Lomba Mancing Tuna Piala Kapolres Malang tahun 2018 silam. Pada lomba tahun ini, pihak panitia menambah kategori kapal Jukung sebagai pilihan bagi para peserta. SAHABATMANCING.COM/Heksa R.P

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang hanya dikhususkan menggunakan armada Kapal Sekoci saja. Pada edisi kali ini para peserta bisa memilih untuk mengeksplor spot lumbung Tuna menggunakapan kapal Jukung atau Sekoci.

Penambahan kategori ini juga bergaris lurus dengan daftar podium juara yang disediakan oleh panitia menjadi total enam juara.

“Jadi masing-masing kategori kapal ada juara 1,2, dan 3, sehingga total ada 6 daftar juara yang bisa direngkuh oleh para peserta. Kemudian perbedaan lainnya juga ada dari sisi kapasitas penumpang, kalau kapal Jukung hanya bisa menampung total empat peserta, tapi kalau kapal Sekoci dapat menampung total 10 peserta,” ujar James Iwan Niswar, selaku perwakilan M3R kepada SahabatMancing.com, (15/9).

Lebih lanjut, selain perbedaan kapasitas, jarak jangkauan juga menjadi sisi pembeda dari dua kategori kapal yang dilombakan. Jika kapal Jukung jarak jangkauan maksimal hanya mencapai 5 mil dari titik dermaga, namun untuk kapal Sekoci jarak yang bisa dijangkau maksimal mencapai 20 mil ke arah samudera lepas.

Faktor jangkauan kapal ini tentu mempengaruhi potensi tangkapan yang dihasilkan peserta. Sehingga pihak panitia membebaskan jenis ikan yang bisa ditangkap oleh peserta di kategori Jukung, namun untuk kategori kapal Sekoci, peserta wajib mendapatkan tangkapan spesies keluarga Tuna.

“Untuk ketegori Jukung semua jenis ikan dilombakan kecuali ikan-ikan yang dilindungi. Kemudian untuk kategori Sekoci karena bisa mencapai kawasan rumpon Tuna, peserta wajib mendulang spesies Tuna. Bisa Yellowfin, Bluefin, Doggie, dan sejenisnya ” tambahnya.

Para juara lomba mancing Tuna Piala Kapolres Malang edisi tahun 2018.

Nantinya para peserta akan diberangkatkan dari pusat acara di dermaga Sendangbiru. Para peserta dari ketegori kapal Sekoci akan diberangkatkan lebih dulu pada Sabtu (21/9) sore pukul 17:00. Baru pada keesokan harinya Minggu (22/9) pagi pukul 06:00, peserta dari kategori jukung akan diberangkatkan.

Keduanya memiliki waktu untuk mengeksplor laut selatan Malang dan rumpon Tuna hingga batas akhir lomba pada pukul 14:00 sore. Para peserta yang berhasil mendaratkan tangkapan terberat dan masuk ke podium juara akan mendapatkan hadiah berupa piala Kapolres Malang dan sejumlah uang tunai.

Untuk kategori Jukung juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan nominal hadiah masing-masing senilai Rp7 juta, Rp2 juta dan Rp1 juta. Kemudian untuk kategori kapal Sekoci juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan nominal hadiah masing-masing senilai Rp10 juta, Rp2 juta dan Rp1 juta.

Untuk info pendaftaran, sila hubungi: James 0815-5555-505