Mengintip Danau Pancawati, Lokasi Lomba Casting DBS Bank

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Lomba mancing bertajuk ‘Fishing Tournament 2019 Silaturahmi Angler dan Mancing Bareng Bank DBS’ akan diselenggarakan pada Minggu, 29 September 2019. Danau Pancawati Karawang dipilih sebagai lokasi perhelatan akbar lomba mancing dan kopdar ini.

Danau Pancawati, yang menjadi venue penyelenggaraan lomba mancing casting bersama DBS Bank Angler. (Dok: Panitia)

Danau dengan luas total 60 hektar ini dibagi menjadi 4 lokasi perlombaan dengan luas danau pertama 25 ha, kedua 2 ha, ketiga 5 ribu m2 dan aliran kanal dengan panjang 700 meter. Guna memudahkan pembagian area peserta, masing-masing danau tersebut dibedakan ikan target pancingnya.

“Danau pertama semua ikan ada, termasuk red tail catfish, alligator dan peacock bass. Untuk danau kedua hanya diisi patin, bawal, mas, nila, gurame, toman dan gabus. Sementara di danau ketiga ada toman, gabus dan bawal,” jelas Ketua Pelaksana Acara, Andi Tarmizi melalui pesan singkat, Selasa (17/9).

Selain area danau, panitia juga memanfaatkan aliran kanal untuk digunakan sebagai lokasi mancing yang diisi toman, gabus dan bawal.

Guna meramaikan intensitas strike dan peluang mendapatkan ikan bagi peserta, panitia baru saja menebar kembali ikan-ikan predator di lokasi acara. Upaya ini, lanjut Andi, dilakukan juga untuk menarik minat peserta untuk hadir meramaikan acara.

“Tentu kita semua ingin membuat peserta lebih bahagia lagi dengan peluang strike yang besar, maka panitia mencoba menebar ikan target sebanyak-banyaknya,” tambah pria yang akrab disapa Jon Angler itu.

Di lokasi acara yang juga area pribadi dan tertutup itu, Jon meyakini bahwa ikan-ikan predator yang disebar tersebut masih aman bagi perairan di sekitarnya karena lokasi yang digunakan merupakan area tertutup. Bahkan pengelola danau memasang jaring-jaring di aliran keluar air.

“Danau ini dipilih karena memang aksesnya mudah dijangkau. Untuk pelepasan predator yang dilakukan juga merupakan misi pemilik area yang akan menjadikan Danau Pancawati ini sebagai kolam mancing catch & release terbesar di Asia,” tegas Jon.

Lomba mancing ‘Fishing Tournament 2019 Silaturahmi Angler dan Mancing Bareng Bank DBS’ ini terbagi dalam 2 kategori, casting dan non casting. Pembagian ini dilakukan guna menaungi para peserta non casting yang ingin meramaikan perlombaan ini.

“Sisi selatan disediakan untuk peserta non casting, sementara danau 3 dan kanal untuk castinger. Namun kami memberi toleransi di atas jam 10.00, castinger boleh mencoba potensi area lainnya dengan tetap mengutamakan keselamatan,” tutup Jon.

Perlombaan ini digelar atas inisiasi Bank DBS atas kepedulian mereka terhadap pemancing di Indonesia. Selain hadiah jutaan rupiah serta alat pancing, panitia juga akan membagikan hadiah undian utama berupa satu unit motor dan action cam, juga kesempatan peminjaman dana bagi para peserta.