Lomba Mancing Pelampungan IFT Big Games Tahap 1

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Dipenghujung bulan Maret 2019, rangkaian turnamen IFT Big Games pelampungan memasuki tahap satu. Lomba mancing pelampungan besutan IFT ini diselenggarakan di kolam pemancingan CS 101 Joglo, Jakarta Barat, (24/3). Tak kurang dari 64 lapak yang tersedia terisi penuh oleh para peserta yang datang dari berbagai penjuru di Jakarta dan Tangerang.

Sekitar 100-an pemancing memadati area kolam [emancingan CS 101 Joglo, Jakarta Barat dalam agenda IFT Big Games tahap 1. Rangkaian lomba mancing pelampungan ini akan berlanjut di tahap-tahap berikutnya hingga masuk fase final. (SAHABATMANCING.com/Rama Vijaya)

Meski baru memasuki tahap pertama, namun antusias dari pemancing untuk mengikuti seri IFT Big Games tak pernah surut. Sejak pukul 09:00 pagi hari, para peserta yang datang dari sekitaran Jakarta dan Tangerang, sudah memadati area kolam CS 101 Joglo. Mereka langsung menempati 64 lapak yang tersedia untuk mengikuti lomba mancing.

Sebelumnya pihak IFT selaku panitia juga telah menyiapkan kolam dengan menebar ikan induk maupun ramean total 1,1 ton. Hal itu ditempuh untuk memaksimalkan rating strike para pesertademi memanaskan atmosfir lomba.

Para peserta juga tak mau kalah, sebagian besar dari mereka juga sudah menyiapkan amunisi umpan andalan untuk bisa menggaet target induk ikan mas. Secara umum umpan yang digunakan variasi antara kroto, deho, sarden, telor ayam, susu bubuk, dan bahan-bahan lainnya.

Lomba pun dimulai sejak pukul 09:30 pagi hari. Para peserta mengisi lapaknya masing-masing dengan mengikuti ketentuan satu lapak dua joran. Hujan strike langsung terpancar selang beberapa saat lomba dimulai. Namun rata-rata ikan yang naik belum mencapai bobot induk terberat. Sampai menjelang siang hasil rataan tangkapan yang naik mulai menunjukan grafik bobot indukan terberat.

Sampai salip menyalip klasmen terjadi tangkapan terberat terus dinamis mengikuti hasil tangkapan peserta. Namun hingga akhir lomba, terpilih peserta dari lapak nomor 53 yang keluar sebagai jawara. Ia adalah Kong Toni atau yang dikenal menggunakan nama lapak ‘Nyender’ yang menjadi peserta dengan tangkapan induk terberat. Raihan Kong Toni berupa induk Ikan Mas berbobot 5,60 kg tak mampu disaingi oleh peserta lain.

Kong Toni (paling kanan) menjadi peserta yang mendaratkan induk terberat dan berhak atas podium juara pertama. Kong Toni mendaratkan induk Ikan Mas berbobot 5,60 kg.

Kong Toni yang mengaku sudah beberapa kali ikut event mancing IFT ini cukup bangga dengan raihan juara pertama dalam turnamen IFT Big Games. Ia mengklaim bila dirinya  tak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti lomba mancing pelampungan tersebut. “Setelah beberapa kali ikut event IFT akhirnya pada edisi kali ini saya bisa juara, alhamdulilah,” ujar Toni dengan nada bersyukur, (23/5).

Lebih lanjut, selain rutin mengikuti event IFT untuk melakoni kegiatan lomba mancingnya,  Toni juga kerap datang ke kolam pemancingnya untuk sekadar menjaga silaturahmi dengan sesama pegiat mancing pelampungan.

“Acaranya dari IFT ini bagus sekali karena rutin digelar dari tahap 1,2,3 sampai final untuk mempererat silaturahmi antar angler. Saya berharap dengan acara ini angler bisa semakin kompak, solid. Kalau urusan mancing masalah dapat tidak dapat itu urusan belakangan, yang penting turun dulu.

Daftar Juara IFT Big Games Tahap 1 Kolam CS-101 Joglo

Juara Umum Hadiah Nama Berat (kg) No Lapak
Juara Induk Terberat 1 Rp16 juta + trophi Nyender 5,60 53
Juara Induk Terberat 2 Rp8 juta + trophi Naga Bonar 5,56 48
Juara Induk Terberat 3 Rp5 juta + trophi Jolang 5,36 55
Juara Induk Terberat 4 Rp2,5 juta + trophi H. Tawan 1 4,92 7
Juara Induk Terberat 5 Rp2 juta +trophi Kakap Merah 4,58 25
Juara Prestasi Induk Tunggal Rp1 juta +trophi Nyender 2 ekor 53