Lomba Mancing Nusantara; Tim Asal Pekanbaru Rebut Piala Lantamal II

Padang, SAHABATMANCING.COM – Sekitar 35 tim mancing dari berbagai daerah di Sumatra, Bandung, Jakarta, mengikuti event Lomba Mancing di dermaga Satrol Lantamal II kota Padang, Minggu (8/12). Dalam event perayaan hari Nusantara ini, tim asal Pekanbaru berhasil merebut podium juara utama dan berhak atas piala Komandan Pangkalan Utama TNI AL II Padang.

Danlatamal II kota Padang, Laksamana Pertama TNI, Dafit Santoso berpose di antara ikan hasil tangkapan peserta yang mengikuti lomba mancing dalam rangka Hari Nusantara, di Pangkalan Lantamal II, Padang, Sumatera Barat, Minggu (8/12). (Dok: Posmetropadang)

Dalam rangka merayakan hari Nusantara, Pangkalan Utama TNI AL II kota Padang menggelar lomba mancing yang dihelat di sekitar perairan Pariaman sampai perairan Padang, Minggu (8/12).

Selama dua hari, para peserta yang terbagi ke dalam 35 tim mancing diajak untuk mengeksplor perairan di sebelah barat kota Padang demi menentukan siapa yang terbaik dalam lomba mancing Lantamal II.

Tak ayal jika para peserta yang tersebar dari beberapa daerah seperti dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bangka, hingga Jakarta dan Bandung saling unjuk gigi demi merengkuh juara utama. Bahkan cuaca yang kurang bersahabat yang melanda sejak hari pertama lomba, tak menyurutkan asa peserta untuk mendulang tangkapan.

Pembukaan dan pelepasan para peserta lomba mancing dalam rangka Hari Nusantara oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso beserta jajarannya. (Dok: TNI.mil.id)

Meski cuaca kurang mendukung, namun jalannya lomba tetap berlangsung dengan dukungan pengamanan dari armada TNI AL. Hingga pada batas akhir lomba, sekitar pukul 15:00 Minggu sore, seluruh peserta dapat kembali ke dermaga dengan selamat tanpa kendala yang berarti.

“Alhamdulillah, acara berlangsung sukes dan aman. Yang paling utama semua peserta kembali dengan selamat, meski pada hari pertama cuaca kurang mendukung,” ujar Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, yang dilansir oleh Posmetropadang, (8/12).

Meski begitu, dari hasil tangkapan para peserta tak sedikit yang berhasil menaikan ikan-ikan berukuran besar. Salah satunya adalah peserta dari tim Nusantara Fishing Club. Tim asal Pekanbaru Riau ini sukses mendaratkan ikan Wahoo berbobot sekitar 13,08 kg.

Torehan ini hanya mampu dibuntuti oleh tim tuan rumah yaitu Andalas Fishing Club dan Andalas Sport Fishing Club yang masing-masing mendaratkan ikan Giant Trevally seberat 12,10 kg dan Dogtooth Tuna seberat 10,96 kg. Ketiga tim inilah yang sukses merengkuh podium juara dan berhak atas hadiah berupa uang pembinaan dan trofi Komandan Pangkalan Utama TNI AL II Padang.

Uang tunai yang diberikan untuk masing-masing juara senilai Rp25 juta untuk juara pertama, lalu Rp15 juta untuk juara kedua, dan Rp10 juta untuk juara ketiga.

Penyerahan hadiah yang dilakukan langsung oleh Danlatamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso. (Dok: TNIAL.mil.id)