Lanjutkan Pesan Positif Lewat Cast & Camp

Karawang, SAHABATMANCING.COM – Kegiatan mancing dengan konsep berkemah (cast & camp) yang konsisten diselenggarakan oleh produsen alat pancing Maguro kembali digelar pada Sabtu-Minggu (26-27/1). Danau Perhutani, Telagadesa di dalam kawasan industri Karawang Industrial International City (KIIC), Kab. Karawang dipilih sebagai lokasi acara Maguro Cast & Camp IV.

Para peserta Maguro Cast & Camp berfoto bersama sebelum kegiatan mancing dilakukan. SahabatMancing.com/Rico Prasetio

Sebanyak 52 tim dari 27 komunitas mancing di Jabodetabek, Karawang dan Lampung turut hadir memeriahkan kegiatan ini. Pada penyelenggaraan cast & camp kali ini, Maguro bekerjasama dengan komunitas mancing setempat, Angler Tanpa Batas (ATAS) yang juga merekomendasikan danau tersebut untuk dijadikan sebagai lokasi karena cocok dengan konsep kegiatan.

“Maguro gembira dengan antusiasme peserta yang memenuhi kuota pendaftaran (150 peserta) dan semangat mereka walau hujan beberapa kali mengguyur wilayah Karawang dan sekitarnya,” jelas Lastiyo Kusumo, Pembina Maguro kepada Sahabatmancing.com, Senin (28/1).

Melihat antusias dari castinger terhadap kegiatan ini, Lastiyo menambahkan, pihaknya akan terus konsisten menyelenggarakan kegiatan ini yang tentunya dengan memberikan nuansa berbeda.

Tidak hanya casting, penyelenggaraan cast & camp juga dijadikan sebagai momentum silaturahmi para castinger (pemancing casting – red) untuk saling mengenal satu sama lain pada malam keakraban. Pada rangkaian acara tersebut, masing-masing komunitas mancing mengenalkan profil mereka serta aktifitas mancing yang dilakukan.

“Dengan begitu, kegiatan ini bisa bermanfaat. Karena tiap-tiap komunitas mempresentasikan kegiatan mancing mereka dan ikut serta dalam mengkampanyekan kegiatan mancing yang positif. Sehingga dengan event ini, diharapkan ada perpanjangan pesan dari satu komunitas ke para anggotanya bahkan pemancing lain secara luas,” lanjut dia.

Maguro akan terus konsisten mengajak para pemancing untuk menjaga kelestarian alam dengan beragam upaya, terakhir seperti pada penyelenggaraan Maguro Cast & Camp IV ini dengan melakukan penebaran benih mujair agar bisa dimanfaatkan bagi warga sekitar, menyediakan tempat sampah di titik-titik area danau, serta bungkus makan yang ramah lingkungan.

“Penyediaan tempat sampah mungkin sudah banyak dilakukan, tapi hal baik mesti diulang, namun Maguro coba memberikan hal berbeda dengan menempelkan stiker ajakan buang sampah dengan mengutip kalimat dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, “Buanglah sampah pada tempatnya, buanglah mantan pada temannya.” Sebab kalimat kekinian itu akan lebih mudah difahami terutama para generasi muda,” tutup Lastiyo

Agar kegiatan cast & camp bisa dilakukan di banyak lokasi potensial, Lastiyo membuka kesempatan kepada para komunitas mancing untuk ikut memaksimalkan spot potensial di daerah mereka masing-masing dengan bekerjasama dengan piihaknya (Maguro) seperti yang dilakukan pada penyelenggaraan sebelumnya.

Danau Perhutani, Telagadesa merupakan area wisata baru yang berada di hutan penelitian yang dikelola oleh Perhutani di kawasan KIIC Karawang. Di sana terdapat danau yang kerap dieksplorasi para castinger dan diproyeksikan menjadi salah satu tempat wisata alam favorit. Rico Prasetio