Komunitas Big Barra Bekasi Gelar Mancing Bareng dan Santunan

Bekasi, SAHABATMANCING.COM – Komunitas Big Barra Bekasi merayakan ulang tahun perdananya dengan menggelar kegiatan Mancing Bareng dan Santunan Anak Yatim & Lansia di kampung Muara Beting, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (23/12). Kegiatan ini dilakukan selain untuk mempererat silaturahmi antar sesama pegiat mancing Barramundi se-kabupaten Bekasi, juga sebagai bentuk aksi bakti sosial bagi masyarakat yang bermukim di sekitar spot Muara Beting.

Komeng, peserta dari komunitas Haru Birru behasil menjadi jawara utama setelah sukses jadi peserta satu-satunya yang menaklukan target Barramundi dalam event Mancing Bareng HUT pertama Komunitas Big Barra Bekasi di Muara Beting, Bekasi, Minggu (23/12).  (SAHABATMANCING/HRP)

Sekitar 75 pemancing dari beberapa komunitas Barramundi Mania ikut serta dalam agenda mancing bareng perayaan HUT pertama Big Barra Bekasi. Mereka berkumpul di kampung Beting sejak Sabtu (22/12) sore hari untuk mengikuti kegiatan mancing dengan target penguasa perairan payau tersebut.

Kegiatan mancing bareng dipusatkan di bibir muara Beting 1 dan Beting 2 yang terkenal sebagai spot potensial target Barramundi. Untuk menuju spot tersebut, pemancing diantar menggunakan perahu motor kecil menuju bagan-bagan (ranggon) yang disediakan sebagai spot mancing.

Ada banyak ranggon yang dipasang di sekitaran spot Beting 1 dan Beting 2. Setiap ranggon dapat menampung 3-8 pemancing, sesuai dengan kapasitas dan besarnya ranggon. Para peserta ditempatkan pada ranggon sesuai dengan denah masing-masing komunitas. Kegiatan mancing sendiri sudah dimulai pada Sabtu pukul 17:00 sore.

Cuaca mendung dengan intesitas hujan ringan mewarnai jalannya agenda ‘cingbar’ tersebut. Kemudian angin kencang dari barat laut mulai menerjang para peserta pada waktu dini hari hingga pagi menjelang. Tak ayal, dengan cuaca tersebut cukup menjadi rintangan tersendiri bagi para peserta untuk memburu sang predator ikan kakap putih.

Di atas bagan tancap yang menyerupai gubuk (ranggon) peserta berburu predator perairan muara Beting dengan mancing teknik koncer umpan udang hidup. Dalam event mancing abreng ini, target utama para peserta adalah ikan kakap putih atau yang akrab disebut oleh pemancing sebagai Barramundi.

Hingga waktu mancing berakhir pada Minggu pukul 10:00 pagi hari, tak seluruh tim peserta yang berhasil mendulang target Barramundi. Namun kondisi tersebut tetap tak mengubah nuansa acara yang tetap hangat dengan jalinan kekerabatan dan silaturahmi antar peserta. Setelah kegiatan mancing bareng usai, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan anak yatim dan lansia bagi masyarakat sekitar kampung Beting.

Mansur Surya, selaku ketua pelaksana mengungkapkan dihelatnya acara Anniversary pertama Big Barra Bekasi dalam rangka untuk mempererat silaturahmi dan persaudaraan dengan sesama komunitas mancing di Bekasi dan sekitarnya.

“Kami memiliki visi untuk membuat acara tidak hanya sekadar mancing saja, tapi juga menciptakan hubungan yang positif dengan warga setempat di wilayah spot mancing yang digunakan.  Alhamdulilah acara berjalan sukses dan lancar dengan hasil yang maksimal. Mudah-mudahan terus terjalin hubungan baik antara pemancing dengan masyarakat setempat,” ujar Mansur kepada Sahabat Mancing, Minggu (23/12).

Lebih lanjut, dari daftar panitia, tercatat ada sekitar 31 anak yatim dan 43 orang tua lansia yang menerima santunan dalam acara ini. Hasil santunan dihimpun dari para donatur dan juga sisihan uang pendaftaran dari para peserta. “Terima kasih kepada sponsor, donatur, komunitas dan warga kampung Beting. Semoga kita bisa mengadakan acara ini dengan lebih besar lagi,” pungkasnya.

Selain mancing bareng, dilangsungkan juga santunan anak yatim & lansia diberikan bagi warga kampung Beting, Bekasi.
JUARA NAMA KOMUNITAS TARGET
1 Komeng Haru Biru Barramundi
2 Salam Angler JWFC Kerapu
3 Roy ABSB Sembilang