Kegiatan Mancing dan Petualangan Harus Diselaraskan

Kegiatan Mancing dan Petualangan Harus Diselaraskan

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Kegiatan mancing yang juga merupakan aktivitas luar ruang diharapkan mampu dilakukan selaras oleh para pegiat outdoor di Indonesia. Sebab jika bisa diselaraskan, maka secara langsung kolaborasi ini akan menumbuhkan geliat pariwisata dan perekonomian di Indonesia.

Salah satu kegiatan talkshow di Indofishing 2020. SAHABATMANCING.COM/RICO PRASETIO

Hal tersebut diungkapkan Chief Executive Officer COS Event, Disyon Toba saat menghadiri pameran Indofest-Indofishing di JCC Senayan, Sabtu (14/3). Menurutnya, tujuan dilibatkannya para pegiat mancing di pameran ini tidak lain guna membangkitkan minat mancing para pengunjung outdoor.

“Kedua pameran ini (Indofest dan Indofishing) memiliki keterkaitan. Sebenarnya teman-teman yang suka naik gunung juga kerap kali menemukan lokasi perairan (danau, sungai dsb), dan mereka juga berupaya untuk mancing walau dengan peralatan sederhana. Nah, di kedua pameran ini lah momentum kebersamaan itu bisa terjalin,” jelas Disyon.

Disyon menyebutkan bahwa pihaknya sangat mendukung bergabungnya beragam kegiatan mancing dalam rangkaian Indofest. Ia percaya jika semakin banyak pemancing, maka perairan (sungai, danau dan laut) akan lebih terjaga.

Menurutnya, pemancing sebagai garda terdepan memiliki tanggung-jawab dan peran penting dalam menjaga alam guna mempertahankan geliat hobinya tersebut.

“Ketika mendapatkan hasil, satu-dua kemudian seterusnya, saya yakin pemancing akan merasa puas atas hasil pancingnya itu. Hal itu lah yang diyakini akan meningkatkan kesadaran menjaga alam tempat mereka bermain dari sampah atau pencemaran,” tambah Disyon.

Selama ini ia menyangkan terhadap oknum masyarakat yang hanya menganggap sungai sebagai halaman belakang rumah mereka saja, dimana mereka bebas membuang sampah dan menganggapnya sebagai aliran air kotor.

“Maka dari itu, memancing rasanya menjadi salah satu media untuk mengubah paradigma masyarakat tentang pentingnya menjaga perairan di Indonesia,” tegas dia.

Jika semua itu bisa berjalan selaras, Disyon yakin Indonesia akan menjadi negara yang lebih besar lagi pariwisatanya. Karena seluruh elemen pegiat luar ruang bisa bersatu yang bertujuan membangkitkan perekonomian nasional.

Walau sebagai permulaan, Disyon mengapresiasi para pengunjung yang selain mengikuti Indofest, juga antusias terhadap penyelenggaraan Indofishing, walau wabah Corona terus pandemik di Indonesia, khususnya di ibukota.

Ia berharap agar kedepannya lebih banyak lagi para produsen alat pancing lokal maupun internasional yang turut serta dalam gelaran Indofishing.

Chat