Jember Fishing Tournament 2019; Mahakarya STMJ Di Tahun Ketiga

Jember, SAHABATMANCING.COM – Komunitas Sedulur Tiyang Mancing Jember (STMJ) kembali menyelenggarakan hajatan akbar bertajuk Jember Fishing Tournament, di lepas pantai Papuma, Jember, Jawa Timur, Minggu (17/11). Tahun ketiga gelaran turnamen mancing yang memperbutkan piala Kapolres Jember ini, mampu diikuti lebih dari 640 peserta dari 160 tim mancing se-Indonesia.

Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, berfoto bersama pemenang dan juga seluruh panitia event Jember Fishing Tournament dari komunitas Sedulur Tiyang Mancing Jember (STMJ), Minggu (17/11). Menurut Alfian, ajang turnamen mancing ini bisa menjadi sarana mempromosikan wisata bahari kota Jember. (Dok: Polres Jember)

Antusias peserta yang begitu besar ditanggapi positif oleh komunitas STMJ selaku pihak penyelenggara. Menurut Danika, selaku panitia, jika torehan 640 pemancing tentu melapaui target peserta dan capaian event Jember Fishing Tournament edisi tahun sebelumnya.

“Suatu kebanggan bagi kami kembali dipercaya oleh para pemancing dari seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan event Jember Fishing Tournament ketiga. Alhamdulilah respon peserta sangat luar biasa, bahkan masih ada sekitar 60 tim yang waiting list,” ujar Danika kepada SahabatMancing.com, (18/11).

Meski begitu lanjutnya, pihak panitia membatasi kuota peserta demi keutamaan menjaga pelayanan dan kualitas turnamen. Kondisi inilah yang menurut Danika, menjadi nilai lebih dimata para pemancing yang merasa puas dengan penyelenggaraan JFT tiga tahun berturut-turut.

“Memang masih ada kekurangan dari beberapa sisi, misalnya saja pelayanan saat di atas kapal (ketinting) oleh ABK. Itu yang sedang kami coba tata agar nelayan selaku pengelola kapal juga bisa melayani para pemancing dengan lebih baik lagi,” tambahnya.

Pelayanan saat di atas kapal ini yang menurut Danika cukup krusial untuk bisa mengembangkan event Jember Fishing Tournament lebih profesional lagi. Terlebih ada wacana untuk penyelenggaraan JFT edisi keempat dengan menjangkau para angler internasional.

“Tahun ini ada satu peserta dari angler Jepang ikut serta. Walaupun beliau memang bermukim di Indonesia, tapi kami optimis untuk menata profesionalitas event ini agar tahun depan bisa menjaring pemancing mancanegara,” jelasnya.

Wahyu Hidayat, peserta asal Banyuwangi dianugerahi piala Kapolres oleh AKBP Alfian Nurrizal, setelah menjadi yang terdepan dalam event Jember Fishing Tournament 2019.

Saat ini yang menjadi catatan dari panitia adalah perlu adanya perbaikan dari segi infrastruktur kapal, dan tentunya kecakapan nelayan untuk melayani pemancing dengan professional.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan meseupport penuh gelaran Jember Fishing Tournament 2019. Apresiasi besar dari pihak panitia terwakili dengan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta yang mengikuti turnamen ini,” pungkasnya.

Daftar Juara Event Jember Fishing Tournament 2019

JUARA NAMA KOMUNITAS BERAT IKAN (kg) JENIS IKAN
Terberat 1 Amberjack Fishing 17,545 GT
Terberat 2 Angler Sampel Community 14,205 GT
Terberat 3 Amberjack Fishing 13,365 GT
Harapan 1 Sumber Jaya Grup 13,225 GT
Harapan 2 Handayani Rock Fishing 11,595 Tenggiri
Harapan 3 Komunitas Pemancing Jalanan 11,240 GT
Harapan 4 Akbar Fishing Club 8,985 GT