Janji Andre Usai Dapatkan Antares

Cileungsi, SAHABATMANCING.COM – Di salah satu ruang publik terbuka di kawasan Taman Buah Mekarsari yang terik itu, ratusan castinger berkumpul membentuk lingkaran. Mereka adalah para peserta lomba mancing bertajuk Shimano Casting Competition 2019 yang diadakan oleh Aneka Raya Pancing sebagai perwakilan Shimano di Indonesia.

Andre (tengah) memperlihatkan hadiah undian utama ril Shimano Antares DC HG Left ketika berfoto bersama pro staff Shimano asal Malaysia, Syafi’e Abdul Shukor (kiri) serta perwakilan Shimano Singapura Aaron Ting. Sahabatmancing.com/Rico Prasetio.

Setelah perlombaan dinyatakan selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan mentoring teknik casting yang dibawakan oleh pro staff Shimano asal Malaysia, Syafi’e Abdul Shukor. Seluruh peserta nampak menyimak seluruh materi casting yang disampaikan oleh Syafi’e.

Tidak terasa satu jam mentoring berlalu, dan rangkaian acara paling ditunggu pun tiba, yaitu pengundian grandprize berupa ril Shimano Antares DC HG Left seharga lebih dari Rp7 juta. Hadiah undian terbesar ini jadi salah satu daya tarik untuk memikat para castinger yang hadir pada perlombaan tersebut. Pengocokan undian pun dilakukan di depan para peserta.

Dengan pengeras suara, pembawa acara menyebut satu nama, “Selamat kepada, nomor peserta 427, atas nama Andre dari komunitas Angler Newbie.” Sontak dari salah satu surut keramaian seorang pria bertopi menerabas kerumunan peserta sambil mengangkat tanda pengenal (name tag) peserta. Ya, ia adalah orang yang disebutkan pembawa acara tadi melalui pengeras suara.

Peserta lain yang berpanas-panasan menunggu dengan harapan namanya dipanggil, sontak membubarkan diri secara teratur sambil menggelengkan kepala tanda kecewa. Sementara ada pula mereka yang bersorak, entah bermaksud melampiaskan kecewa atau memberikan selamat.

Andre terlihat sedikit gemetar tubuhnya ketika Aaron Ting, perwakilan dari Shimano memberikan hadiah kepadanya. Rekan Andre dari Angler Newbie pun sibuk mengabadikan momentum berharga ini.

“Sebenarnya ini bisa disebut sebagai mimpi yang jadi nyata. Pada saat mendaftar dan tahu bahwa grandprize utamanya adalah Antares, saya sempat berjanji, “jika grandprize didapat, saya akan menyisihkan sebagian hasil hadiah tersebut untuk membantu salah satu keluarga tidak mampu di Bojonggede, Jawa Barat,” ucap pemancing asal Bogor itu.

Ia menyebutkan bahwa rumah satu keluarga tersebut dikatakan kurang layak, terutama di bagian kamar mandi.

Benar saja, niat baik Andre itu didengar serta diwujudkan oleh Yang Maha Kuasa. Rasa haru, senang dan gugup jadi satu karena ia harus bersaing dengan ratusan peserta lainnya. Namun garis rezeki sudah diatur, dan niat baik Andre sudah tercatat.

Tindakan Andre ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pemancing-pemancing lain agar timbul kepekaan tanggung jawab sosial dalam berkegiatan memancing.