Inilah Daftar Juara Banggai International Tuna Fishing Tournament

Banggai, SAHABATMANCING.COM – Event Banggai International Tuna Fishing Tournament (BITFT) yang digelar di Plaza RTH Pantai Lolang, Luwuk, resmi berakhir, Minggu (29/9). Dalam gelaran turnamen mancing yang diikuti 52 tim mancing dari empat negara itu, terpilih tim mancing terbaik yang menyandang predikat sebagai jawara di perairan Banggai. Siapa saja mereka?

Puluhan kapal mancing yang mengakut para peserta tengah bersiap untuk menepi dalam gelaran Banggai International Tuna Fishing Tournament (BITFT) 2019. (Dok: Dinas Pariwisata Bangkep)

Dalam turnamen mancing yang dihelat selama dua hari sejak dibuka pada Kamis (26/9) itu, terpilih empat tim mancing yang berhasil masuk ke dalam podium juara. Mereka adalah tim mancing The Turner dari Jakarta yang mengisi posisi keempat, lalu tim Luwuk Anglers dari Banggai yang masuk podium ketiga, kemudian tim Kendari Fishing Adventure dari Kendari sebagai runner up, dan tim Gudang Sakti Fishing Community dari Makassar yang menjadi kampiun pertama.

Keempatnya berhasil mengumpulkan point tertinggi dan menyisihkan puluhan tim mancing lainnya, berdasarkan akumulasi bobot dan kuantitas ikan yang didaratkan.

Rudy Hukom, salah satu punggawa tim Gudang Sakti FC mengatakan, bila dirinya tidak menyangka tim yang dinahkodai bersama kawan-kawannya ini keluar sebagai kampiun juara. Terlebih menurutnya, juara kali ini terasa spesial karena berlabel turnamen skala internasional yang diikuti oleh tim mancing mancanegara.

“Sejatinya dari jauh-jauh hari kami juga sudah melakukan persiapan demi menyambut turnamen ini. Alhamdulilah, kami bisa bisa mengeluarkan kemampuan terbaik kami dan berakhir dengan juara,” ujar Rudy kepada SahabatMancing.com, (30/9).

Para punggawa tim Gudang Sakti Fishing Community yang terdiri dari: Surya Awal Nauri Muhammad Ikhsan, Arianto, Muhammad Hidayat, dan Rudy Hukom.

Lebih lanjut, ia menyambungkan, jika berhasil menjadi juara pertama setelah mengumpulkan akumulasi nilai dengan point 43,75. Akumulasi point dihasilkan dari tangkapan sejak hari pertama berupa dua ekor ikan Kerapu masing-masing seberat 6,75 kg dan 12,05 kg, serta Wahoo berbobot 8,70.

Kemudian pada hari kedua, tim asal Makassar ini kembali berhasil menaikan dua ekor Wahoo yang berbobot masing-masing, 6,30 kg dan 9,90 kg.  “Saat landed Kerapu kami gunakan teknik Jigging, dan untuk Wahoo kami gunakan teknik Trolling,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Banggai, Herwin Yatim, yang datang langsung saat penutupan turnamen menuturkan, jika pihaknya bersyukur sekaligus bangga atas terselenggarannya event mancing Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019.

Salah satu panorama kepulauan Banggai yang dijadikan sebagai pusat penyelenggaraan agenda BITFT 2019. (Dok: Dinas Pariwisata Kabupaten Bangkep)

“Selain wadah untuk menyalurkan hobi para pecinta mancing, event BITFT tentunya juga kami jadikan sebagai ajang untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di kawasan kabupaten Banggai bersaudara,” ujar Herwin, dalam sambutannya yang dilansir dari Mediakominfo Banggai.

Orang nomor satu di kabupaten Banggai tersebut berharap, kedepan ajang turnamen mancing ini bisa menjadi agenda tahunan yang bisa menjaring banyak pemancing dari luar negeri.

Berikut Daftar Juara Banggai International Tuna Fishing Tournament 2019

JUARA NAMA TIM MANCING TOTAL NILAI ASAL DAERAH
1 Gudang Sakti Fishing Community 43.75 Makassar
2 Kendari Fishing Adventure 43.50 Kendari
3 Luwuk Anglers 39.95 Banggai
4 The Turner 29.07 Jakarta

 Juara Kategori Spesies

JUARA TIM MANCING BERAT IKAN (kg) ANGLER
Spesies Wahoo Sensasi FCI 10.40 Hadi
Spesies Tenggiri Tarantula 7.75 Sukirman
Spesies GT Borneo FC 9.95 Hendri
Spesies Barakuda SMG International 14.25 Fabio
Spesies Billfish Deho FC CnR Zainal Abidin
Spesies Snapper Luwuk Anglers 24.60 Rusmana
Spesies Amber Jack The Turner 10.20 Moh. Hafis
Spesies Tuna The Turner 12.95 Yudi
Spesies Kerapu Kendari FA 43.50 Albert