Hal keselamatan apa saja yang harus diperhatikan saat rock fishing?

Hal yang paling utama adalah berdoa kepada Tuhan memohon keselamatan agar kegiatan mancing berjalan lancar dengan yang hasil
terbaik.

Pada umumnya, seorang pemancing harus mengetahui fakta-fakta dan karakteristik lokasi mancing yang akan dituju guna mempersiapkan diri.

Pada kegiatan mancing di tebing, spot-spot umum yang kerap disambangi pemancing menjadi lokasi paling direkomendasikan karena sudah pasti lebih aman dan nyaman.

Kontur karang-karang sebagai pijakan sudah pasti teruji, dimana kondisi ini mempengaruhi kenyamanan memancing, terlebih pada saat fight dengan ikan.

Mengajak atau paling tidak berdiskusi dengan orang lain yang lebih berpengalaman menjadi pilihan terbaik agar mempermudah kala menyambangi spot, salah satunya bisa meminta bantuan warga sekitar untuk memandu.

Pada beberapa kasus, kecelakaan pada saat rock fishing terjadi ketika pemancing strike dan sedang berjibaku melawan tarikan ikan. Kondisi spot berupa karang berpeluang besar mengakibatkan senar tersangkut karena perlawanan ikan.

Ketika tersangkut, pemancing secara spontan menyelamatkannya, padahal belum tentu lokasi tersangkutnya itu aman.

Kondisi ini benar-benar harus jadi perhatian para pemancing rock fishing karena mayoritas pijakan di tebing licin. Pertimbangan dan bantuan dari orang lain mampu meminimalisir kecelakaan dalam proses penyelamatan dan penjangkaran ikan.

Tingkat bahaya akan lebih terasa pada saat malam hari, dimana lampu penerangan seperti senter menjadi alat yang wajib dibawa selain sepatu karet (boots), headlamp, alat komunikasi, pelampung, obat-obatan P3K, jas hujan dan terpal untuk berteduh. Jangan mancing di tebiing sendirian, ajak minimal 2 orang temanmu.

Bambang Apriyanto

Kontur Pantai selatan Jogjakarta berupa tebing-tebing curam yang merupakan habitat ikan-ikan predator seperti Giant Trevally membuatnya gemar melakukan kegiatan mancing rock fishing. Dirinya aktif mancing bersama pemancing Jogja lainnya yang tergabung dalam Jogja Rock Fishing.