Grup Kopiraja Gelar Syukuran Anniversary ke-5 Bareng Garnus

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Komunitas pemancing utara Jakarta (Kopiraja) menggelar agenda syukuran dalam rangka anniversary ke-5, di pulau Bokor, kepulauan Seribu, Minggu (14/7). Dalam agenda syukuran tersebut, digelar pula kegiatan mancing landbase dengan menggandeng para pemancing dari komunitas Garonger Nusantara (Garnus) yang sudah mahfum dengan spot di sekitar gugusan teluk Jakarta.

Sejumlah pemancing dari Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Karawang mengikuti agenda syukuran HUT kelima grup Kopiraja, di pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Minggu (14/7). (Dok/Kopiraja)

Sekitar 45 pemancing dari Jakarta, Bekasi dan Karawang mengikuti event syukuran anniversary kelima grup Kopiraja, di pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Minggu (14/7). Dalam event ini, Kopiraja menggandeng komunitas Garonger Nusantara (Garnus) untuk ambil bagian dalam kegiatan mancing bersama tersebut.

Kegiatan mancing di pesisir pulau Bokor menjadi agenda utama dalam acara syukuran anniversary Kopiraja. Sedari fajar, para peserta sudah memenuhi pulau Bokor setelah sebelumnya menyeberang dari dermaga Muara Kamal. Saat acara mancing dimulai, para peserta dibebaskan untuk menggunakan teknik mancing casting, negeg, atau nyumi sekalipun.

Menurut Asri Satria selaku pengurus grup Kopiraja, jika kebebasan teknik mancing ini diilhami langsung dari keragaman anggota Kopiraja yang berasal dari beberapa pegiat teknik mancing.

“Kami tidak terpaku pada satu teknik mancing saja, anggota kami mulai dari pemancing empang harian, galatama, casting, negeg, sampai popping kumpul jadi satu. Bahkan kami saling ‘meracuni’ untuk menjajal teknik mancing yang bukan spesialisasinya,” ujar Asri kepada SahabatMancing.com, (16/7).

Beberapa peserta menerapkan teknik ngoyor untuk mendapatkan titik spot yang potensial. (Foto: Sam Evan RR)

Lebih lanjut, hal ini juga selaras dengan penyelenggaraan agenda syukuran hari jadi Kopiraja yang selalu digilir berdasarkan spot mancing yang dipilih.

“Karena kami ingin selalu mancing di sepanjang musim tapi tidak terpaku dengan satu aliran mancing semata. Untuk itu kami gilir kegiatan mancing kami disesuaikan dengan musim dan kondisi spot. Kalau cuaca bagus kami trip laut, kalau cuaca tidak bagus kami bisa galatama, casting gabus dan lain sebagainya,” tambah pria yang akrab dikenal dengan nama Ray AQ itu.

Pemilihan pulau Bokor sebagai tempat diselenggarakannya event syukuran Kopiraja sendiri bukannya tanpa alasan. Pulau kecil di teluk Jakarta itu masih sangat potensial sebagai spot wild fishing namun jaraknya juga tidak terlampau jauh dari Ibukota.

Hal itu pun masih terlihat dari hasil tangkapan peserta yang banyak mendulang strike. Hingga terpilih tiga peserta terbaik dari tiga kategori; Baronang, Cumi dan Casting. Ketiganya berhak atas hadiah berupa peranti pancing yang sudah disediakan oleh panitia.

Para peserta yang sudah sampai di pulau Bokor setelah melakukan penyeberangan dengan menggunakan kapal dari dermaga Muara Kamal.

“Alhamdulillah akhirnya syukuran ke-5 tahun Grup KOPIRAJA bisa terlaksana dengan hasil yang memuaskan. Berawal dari kopdar-kopdar kecil dan berlanjut ke trip bersama, tak terasa kami sudah menginjak usia lima tahun. Semoga kedepan kekompakan ini masih akan terus terjaga,” pungkasnya.

Seperti diketahui, grup Kopiraja didirikan pada 14 Mei 2014 oleh sekelompok pemancing yang aktif di portal online khusus para pemancing, Fishy Forum. Kemudian berlanjut ke kegiatan kopi darat yang diinisiasi oleh Ismail Fahmi, dengan Asri Satria bersama sejumlah pemancing dari Bekasi dan Karawang.

Trip pertama dilakukan di spot kepulauan Seribu dengan mengambil titik keberangkatan di dermaga Tanjung Pasir. Usai trip laut pertama, kemudian menyusul kegiatan mancing-mancing lainnya yang menyasar ke semua segmen pemancing. Seperti filosofi mata angin yang menyimbolkan ke berbagai penjuru arah tanpa memandang aliran.

Daftar Juara Podium Event Syukuran Anniversary ke-5 Kopiraja

JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (gram) JENIS
1 Rizal Rere 281 Baronang
2 Juns 149 Baronang
3 Herry 126 Baronang
JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (gram) JENIS
1 Pak Doel 104 Cumi-cumi
2 Agus Cahyana 96 Cumi-cumi
3 Rifki 46 Cumi-cumi
JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (gram) JENIS
1 Pujo 1747 Talang-talang
2 Opank 1238 Talang-talang
3 Aries Pecug 501 Baby GT