Gerakan Menghadap Laut; Bersihkan Pantai Secara Serentak Di 74 Wilayah

Jakarta, SAHABATMANCING.COM – Menyambut HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, pegiat lingkungan yang tergabung ke dalam Pandu Laut Nusantara akan menggelar gerakan bersih-bersih pantai dan laut secara serentak di 74 lokasi di berbagai daerah di Indonesia, Minggu (18/8). Sekitar 74 ribu orang dari seluruh lapisan masyarakat akan ikut ambil bagian dalam kampanye yang bertajuk ‘Gerakan Menghadap Laut 2.0’ tersebut.

Organisasi Pandu Laut Nusantara kembali menggelar Gerakan Menghadap Laut 2.0, dalam rangka perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Gerakan bersih-bersih pantai dan laut ini akan diselenggerakan secara serentak di 74 wilayah di berbagai Indonesia dengan diikuti sekitar 74 ribu relawan. (Dok/Pandu Laut Nusantara).3

Komunitas Pandu Laut Nusantara kembali akan menggelar gerakan bersih-bersih pantai dan laut secara serentak di 74 titik di berbagai daerah di Indonesia, Minggu (18/8). Kegiatan yang bertajuk Gerakan Menghadap Laut 2.0 ini sekaligus untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Dalam konferensi pers yang digelar di rumah dinasnya, Kamis (15/8), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjelaskan, pada tahun ini akan ada sekitar 74 ribu relawan yang ikut serta dalam gerakan bersih-bersih pantai dan laut jilid kedua. Mereka akan disebar di 74 lokasi dari Sabang dan Merauke untuk menghadap laut sekaligus membersihkan pantai dari sampah.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan dan kelestarian pantai dan laut. Saya sendiri akan memimpin gerakan bersih-pantai dari Ancol, Jakarta, kemudian ada Kaka dan Ridho Slank di Lubuk Linggau, lalu Aurelie Moeremans di Makassar, dan teman-teman lainnya di Lombok, Wakatobi, Derawan dan masih banyak lagi yang lainnya,” ujar Susi yang juga menjabat sebagai pembina Pandu Laut Nusantara itu, (15/8).

Lebih lanjut, gerakan menghadap laut tahun ini juga menjadi kegiatan bersih-bersih pantai terbesar dan terbanyak yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Pada tahun lalu, gerakan ini berhasil menghimpun 20 ribu relawan untuk membersihkan pantai secara serentak di 76 lokasi.

Pegiat lingkungan yang mengikuti gerakan menghadap laut di kawasan pesisir pantai di Lombok Utara pada Agustus tahun lalu. (Dok/Pandulaut.id)

Untuk itu Menteri Susi mengajak serta masyarakat luas untuk ikut ambil peran dalam kegiatan membersihkan pesisir pantai tersebut. Terlebih menurutnya organisasi Pandu Laut Nusantara merupakan perkumpulan para pegiat lingkungan dari berbagai lapisan masyarakat.

“Tidak hanya dari pecinta lingkungan saja, ada juga dari komunitas diving, surfers, mancing mania, pegiat wisata bahari, artis, publik figur, influencer dan lain sebagainya. Lewat organisasi ini kami ingin memastikan bahwa kita peduli dan tergerak untuk menjaga laut Indonesia,” tambahnya.

Selain dengan gerakan bersih-bersih pantai, menurutnya masyarakat juga bisa memulai hal kecil seperti mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, mengurangi konsumsi botol plastik, dan gunakan botol tumbler untuk minum dalam kegiatan sehari-hari.

Bagi yang tertarik bergabung menjadi relawan kegiatan Pandu Laut Nusantara, silakan mendaftar di link berikut: Pandu Laut Nusantara