Fun Fishing Meriahkan Peresmian JMI Jabar

Bandung, SAHABATMANCING.COM – Sebagai salah satu penyokong pilar demokrasi, jurnalis harus mampu meningkatkan kapasitasnya sebagai penggerak pembangunan. Jurnalis tidak boleh hanya sekadar bekerja untuk kantornya sementara kepekaan sosial diabaikan.

Jurnalis Mancing Indonesia region Jawa Barat di Bandung. Foto: Dokumentasi JMI.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang disampaikan oleh Kabag Humas Pemprov Jawa Barat, Fajar, dalam pengukuhan pengurus sekaligus pembentukan DPD Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Jawa Barat di Pemancingan Situ Manglayang, Ujung Berung, Bandung, Sabtu (3/10/2019).

Menurut Fajar, pemerintah Jawa Barat sengat mengapresiasi kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh jurnalis. “Semoga dengan dibentuknya DPD JMI Jawa Barat, bisa menjadi mitra pemerintah daerah, khususnya di Jawa Barat, dalam mensukseskan pembangunan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum JMI Folber Siallagan mengatakan pihaknya sangat konsen dengan masalah-masalah yang terkait dengan lingkungan dan sosial kemasyarakatan.

“Kami membentuk DPD JMI ini membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan-permasalahan di atas. Meski kadang skup-nya kecil tapi tidak masalah. Daripada tidak berbuat sama sekali,” katanya.

Di tempat yang sama, penasehat JMI Pratama D. Persadha menambahkan, ke depan JMI sudah seharusnya melebarkan sayapnya dengan membentuk DPD-DPD lain di seluruh Indonesia. “Ini akan menjadi kekuatan besar dalam menyokong pemerintah mewujudkan pembangunan yang adil dan merata,” tegasnya.

Dalam peresmian DPD JMI Jawa Barat tersebut, dimeriahkan dengan lomba memancing atau fun fishing yang diikuti oleh 60 tim dari jurnalis maupun korporasi. Panitia menyiapkan hadiah uang tunai dan barang dengan total puluhan juta rupiah untun para pemenang fun fishing.

Kategori yang dilombakan yakni ikan indukan dan ikan terbanyak. Pemenangnya pun dibagi dua kategori, pemenang untuk jurnalis dan pemenang untuk korporasi.

Fun fishing berlangsung ramai dan penuh tawa meski event tersebut berbalut perlombaan. Sejumlah peserta tampak saling bertukar umpan dan saling menyemangati satu sama lain. Meski terkadang, ada juga momen iseng seperti yang dialami peserta Amston Probel.

Pengurus JMI pusat ini gagal menarik indukan setelah diteriaki para peserta lainnya agar membuatnya membuatnya. Benar saja, ikan sekitar 2 kilogram yang sudah tersangkut di kail, akhirnya terlepas. Sontak satu kolam tertawa melihat kejadian itu, termasuk Amston sendiri.

Salah satu peserta fun fishing dari korporasi, Rasti Anggraeni menilai fun fishing bikinan JMI Jabar tersebut bentuk silaturahmi yang positif.

“Alhamdulillah acara hari ini dapat terlaksana dgn baik. Menjadi momentum bagi korporasi maupun jurnalis Jawa Barat untuk sama sama menjalin silaturahmi dengan cara yang santai dan menyenangkan,” tambah Rasti.

“Semoga kedepannya, acara seperti ini terus berlanjut dan jumlah wartawan serta korporasi yang hadir terus meningkat,” ujar Rasti yang merupakan perwakilan dari LEN Industri.

Selain PT LEN Industri, korporasi yang mendukung fun fishing peresmian JMI Jabar adalah PT POS Indonesia, Bank BJB, Telkomsel, Pupuk Kujang, Produsen Umpan SKKS, JNE, Ilos Hotel, Biofarma, Cleo, OJK, Bella Chocolate, dan PLN.