Fun Fishing Day Anniversary B.O.S Batam Di Pulau Petong

Batam, SAHABATMANCING.COM – Komunitas Brotherhood of Strike (BOS) Batam melangsungkan event Fun Fishing Day, di perairan pulau Petong, Minggu (31/3). Ajang mancing bersama ini digelar dalam rangka merayakan hari jadi komunitas BOS yang pertama, sekaligus merekatkan silaturahmi antar komunitas mancing se-kota Batam.

Komunitas Brother of Strike (BOS) Batam melangsungkan event Fun Fishing Day, di perairan pulau Petong, Minggu (31/3). Dalam ajang mancing bersama ini sekitar 50 pemancing dari 7 komunitas mancing se-kota Batam ikut ambil bagian. (Dok/M Sidik)

Sekitar 50 pemancing dari 7 komunitas mancing se-kota Batam ikut ambil bagian dalamperayaan hari jadi komunitas BOS yang pertama tersebut. Meski mengambil lokasi mancing di kawasan perairan pulau Petong, agenda mancing bareng ini dilangsungkan di perairan lepas dari atas kapal mancing yang tersedia.

Pulau Petong sendiri dikenal sebagai spot mancing potensial baik untuk landbase maupun untuk ngapung di atas kapal. Setidaknya alasan ini pula yang dipilih oleh komunitas BOS selaku panitia event Fun Fishing Day. Seperti dikatakan oleh M Sidik selaku wakil ketua pantia. Menurutnya Pulau Petong masih menyimpan potensi hasil laut yang melimpah berkah ekosistem terumbu karang yang terjaga.

“Bahkan untuk menuju spot mancing dari bibir pantai pulau Petong tidak terlalu jauh. Jadi kami tidak perlu menempuh perjalanan lama untuk bisa sekadar mancing di perairan lepas. Selain itu juga sebagai faktor keamanan, sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan panitia bisa lebih cepat mengambil tindakan,” ujar Sidik kepada SahabatMancing.com, (2/3).

Lebih lanjut, keunggulan lain dari menjalani trip mancing di pulau Petong yaitu tersedianya banyak kapal mancing yang menunjang untuk event mancing yang sarat akan peserta. “Penyewaan kapal mancing di sana (pulau Petong) banyak, jadi panitia tidak khawatir untuk menambah kapal bila ada penambahan peserta susulan. Kemudian harganya juga relatif terjangkau untuk setiap tim mancing yang ikut serta,” tambahnya.

Hasil tangkapan para peserta

Lomba sendiri sudah dimulai sejak hari Sabtu (30/3) pukul 15:00 sore dari dermaga pulau Petong. Sekitar 10 kapal yang berisi 5 peserta untuk setiap 1 tim mancing, menjelajahi spot-spot potensial yang terhampar di sekitar peraian pulau Petong. Ikan yang menjadi target dalam fun fishing ini meliputi; Kaci, Timun (kakap ekor kuning), Tambak, Katarap, Amoy, Bore, Barakuda, Lencing hingga Belut Laut.

Sampai waktu menunjukan pukul 08:00 Minggu pagi, peserta sudah mulai kembali ke dermaga. Terpilih tiga tim terbaik yang menjadi juara dalam ajang fun fishing kali ini. Mereka adalah tim Happy Fishing di posisi pertama, lalu tim Family Fishing Club di posisi kedua, dan tim Fire Fishing Club (Damkar) di posisi ketiga.

“Puji syukur acara berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Kami berharap lewat acara fun fishing ini dapat menggeliatkan pariwisata bahari di pulau Petong, dan tentunya membantu ekonomi nelayan serta masyarakat sekitar pulau,” pungkasnya.

Kapal yang digunakan oleh para peserta.

Daftar Juara Fun Fishing Day Brotherhood of Strike Batam

Peringkat Juara Nama Tim Berat (kg) Jenis Ikan
Juara 1 Happy Fishing 11,5 Kaci
Juara 2 Family Fishing Club 8,4 Tambak
Juara 3 Fire Fishing Club 6,3 Timun