Festival Tasikardi Diharapkan Jadi Agenda Tahunan

Serang, SAHABATMANCING.COM – Festival Tasikardi 2019 di Danau Tasikardi, Desa Margasana Kecamatan Keramat Watu, Kabupaten Serang, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Panji Tirtayasa, Sabtu (24/8/2019). Festival Tasikardi 2019 merupakan yang pertama kalinya digelar, dan ditujukan untuk mendongkrar pariwisata Kabupaten Serang.

Pemukulan gong secara simbolis sebagai pembukaan acara dilakukan oleh Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa. Foto: Dokumentasi JMI.

Pembukaan Festival Danau Tasikardi ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Pandji Tirtayasa bersama Ketua Umum Jurnalis Mancing Indonesia (JMI), Folber Siallagan, Penasehat JMI Pratama D. Persadha, dan unsur Muspida Kabupaten Serang.

“Harapannya Danau Tasikardi bisa berlanjut di 2020, 2021 dan seterusnya,” ujar Pandji saat memberi sambutan pembukaan Danau Tasikardi 2019.

Panji menjelaskan, Serang memang memiliki banyak lokasi wisata yang menarik perhatian untuk dikunjungi. Mulai dari situs sejarah, pantai, kuliner, hingga budaya. Dan Festival Tasikardi menjadi salah satu rangkaian dalam mendongkrak pariwisata Kabupeten Serang.

Festival Danau Tasikardi 2019 berlangsung atas kerjasama Pemkab Serang dengan komunitas memancing yang diisi oleh para jurnalis, Jurnalis Mancing Indonesia (JMI). Festival tersebut diisi beragam kegiatan, mulai sari turnamen mancing, lomba masak kuliner khas Serang, lomba melukis, dan lomba mewarnai tong dan lomba memancing. Selain itu, ada diisi juga dengan kegitan sosial yakni donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar Danau Tasikardi.

Ketua Umum JMI Folber Siallagan berharap komunitas yang dipimpinnya bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Sementara untuk event Festival Tasikardi sendiri, pihaknya menyakini Kabupaten Serang memang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat, salah satunya Danau Tasikardi, yang merupakan sistus bersejarah.

Festival Danau Tasikardi 2019 berlangsung meriah. Peserta lomba memancingnya saja lebih dari 700 orang yang seluruhnya warga Serang. Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang ini, dihadiri sekitar seribuan orang.

Acara ini juga dijadikan momentum perayaan hari jadi JMI yang kedua. Dalam kesempatan ini, para tamu undangan pun turut memeriahkan simbolis perayaan hari jadi dengan melakukan peniupan lilin dan pemotongan kue.

Kesuksesan Festival Tasikardi tidak lepas dari dukungan para sponsor yakni Pertamina, Semen Indonesia, Bank Negara Indonesia, Telkom Indonesia, Bank Mandiri, XL Axiata, Adaro, Telkomsel, Sido Muncul, Hero, Bank Banten, PPD, Angkasa Pura II, Danone, Multi Bintang, Kalbe, Columbia SportWear Indonesia, The Watch Co dan Aneka Raya Pancing.