Festival Paka Paka Omba; Rayakan HUT Bolsel Dengan Lomba Mancing

Festival Paka Paka Omba; Rayakan HUT Bolsel Dengan Lomba Mancing

Bagikan:

Bolsel, SAHABATMANCING.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bersama komunitas Bolsel Fishing Club (BFC) dalam waktu dekat akan menggelar Festival Paka Paka Omba di kawasan Boulevard Pantai Sondana, Sabtu, 21 Juli 2018 mendatang. Dalam festival yang menyambut HUT Kabupaten Bolsel yang ke-10 ini, akan dihelat lomba mancing di pesisir pantai Sondana yang menghadap langsung ke perairan Teluk Tomini.

Pantai Sondana didapuk sebagai spot lomba dalam ajang Festival Paka-Paka Omba. Dalam kegiatan ini, pemerintah kabupaten  Bolaang Mongondow Selatan ingin mengenalkan potensi wisata mancing surf casting berkah garis pantai cantik sepanjang kurang lebih 270 km yang menyelimuti wilayah di Sulawesi Utara tersebut. (Dok/@auracindy)

Digelarnya kegiatan lomba mancing ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan pantai Sondana sebagai bagian dari spot mancing favorit di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Sesuai dengan arti dari Paka Paka Omba yaitu mancing di tepi pantai (pasiran), wilayah di provinsi di Sulawesi Utara itu memang dianugerahi garis pantai cantik sepanjang 270 km yang menghadap langsung ke laut Teluk Tomini, sebuah teluk yang mahyur akan surga bawah lautnya.

Untuk itu, demi menyukseskan hajatan akbar Pemkab Bolsel ini, Bharata Prabowo Asmongin selaku ketua komunitas BFC mengatakan, jika dalam event ini pihaknya akan mengundang utusan dari beberapa desa dan kecamatan di Bolsel untuk ikut ambil bagian pada kegiatan lomba mancing tersebut.

“Ada 81 desa yang akan ikut serta dalam lomba mancing ini. Satu desa diwajibkan mengirimkan utusan sebanyak 10 peserta. Jadi nanti ada 810 peserta dari perangkat desa yang ikut serta ditambah peserta dari kalangan masyarakat umum juga,” ujar Bowo kepada SahabatMancing.com, (12/6).

Lebih lanjut, ia menargetkan total 1000 peserta bisa meramaikan ajang Festival Paka Paka Omba, sehingga ada kuota 190 peserta bagi kalangan masyarakat umum. “Sejauh ini sudah ada empat klub yang mendaftar, jadi masih ada tersisa slot untuk 15 klub lagi,” tambahnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta, dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp500 ribu untuk satu klub yang terdiri dari 10 pemancing. Bowo optimis bila event lomba mancing ini juga akan diikuti oleh pemancing dari wilayah-wilayah tetangga kabupaten Bolsel seperti; Kotamobagu, Bolaang timur, Bolaang utara, Manado hingga Gorontalo.

“Antusias dari masyarakat sangat tinggi, mengingat Bolsel merupakan wilayah yang diselimuti pesisir pantai dan lautan, sehingga  sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah nelayan dan pehobi mancing,” ujarnya.

Belum lagi potensi spot di tepian pantai Sondana cukup melimpah dengan target spesies ikan-ikan pinggiran pantai. Kondisi tersebut juga didukung dengan musim ombak tinggi yang membuat banyak kawanan predator merangsak masuk ke tepian pantai untuk mencari makan. “Pasti ada predator besar yang main di pinggiran untuk memangsa ikan-ikan kecil, makanya peluang peserta untuk mendapatkan ikan predator juga semakin besar,” tutur Bowo.

Ia berharap, dengan adanya event ini akan semakin banyak masyarakat umum khususnya pehobi mancing yang melirik Kabupaten Bolsel sebagai detinasi wisata mancing di Sulawesi Utara. “Kemudian masyarakat lokal juga teredukasi mengenai menangkap ikan dengan cara-cara yang baik tanpa harus menggunakan alat-alat yang bersifat merusak lingkungan,” pungkasnya.

Untuk pendaftaran sila hubungi epink : 081245266812 dan agus : 081524128019, rifay : 082189531130

 

Bagikan:
Chat